Polisi Ungkap Alasan Pelaku Memutilasi Kepala Guru Honorer Budi Hartanto

Budi Hartanto
Budi Hartanto semasa hidup

Terkini.id, Blitar – Polda Jawa Timur menemukan fakta baru terkait kasus mutilasi seorang guru honorer, Budi Hartanto yang mayatnya ditemukan dalam koper di Blitar pada Rabu 3 April 2019.

Polisi menyebut hasil uji forensik sudah rampung dan telah diketahui alasan pelaku membunuh dan memutilasi kepala korban.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan, dari hasil uji forensik ada dua dugaan alasan pelaku memutilasi korban tepat di lehernya.

Dari hasil labfor, kata Barung, diketahui kepala korban telah dipotong saat sudah meninggal.

“Pemotongan di bagian leher adalah ketika yang bersangkutan sudah meninggal,” ujar Barung, dikutip dari Realita, Selasa, 9 April 2019.

Dugaan sementara alasan pelaku memotong kepala korban yakni pertama untuk menghilangkan jejak.

“Jadi ada dua upaya, pertama untuk menghilangkan jejak. Dan dugaan kedua adalah ketika pelaku hendak memasukkan mayat korban yang diketahui berprofesi guru ini, ke dalam koper, ternyata tidak muat,” ungkap Barung.

Polisi hingga saat ini masih memburu dua terduga pelaku pembunuh Budi Hartanto. Dari penyelidikan polisi, diketahui keduanya sering berpindah-pindah tempat untuk menghindari kejaran aparat.

Polisi kejar dua terduga pelaku

Budi Hartanto
Budi Hartanto semasa hidup

Sebelumnya, polisi berhasil menemukan fakta baru terkait keberadaan pelaku pembunuh Budi Hartanto. Fakta itu terungkap setelah Handphone korban diketahui terakhir kali aktif di Kediri. Dari penemuan tersebut, polisi kini tengah mengejar 2 orang terduga pelaku.

“HP dari si korban ini di suatu tempat. Di jam 04.00 WIB di suatu tempat di wilayah Kediri on terakhir. Sehingga kita mengejar 2 orang sekarang,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera, dikutip dari Detik, Sabtu 6 April 2019.

Namun Barung enggan mengungkapkan secara detail teknis penyidikan yang tengah dilakukan pihaknya di Kediri. Barung hanya mengatakan jika kedua terduga pelaku tersebut saat ini masih dalam penyelidikan.

“Perkembangan sekarang Kasubdit Jatanras Polda Jatim masih di Kediri tetapi secara teknis penyidikan belum bisa saya utarakan,” ujarnya.

Polisi masih mencari keberadaan kepala korban

Budi Hartanto
Jasad Budi ditemukan tanpa kepala di dalam koper

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Budi Hartanto menjadi korban pembunuhan mutilasi. Korban merupakan guru honorer SDN Banjarmelati 2 Kota Kediri.

Mayat korban ditemukan oleh pencari rumput dalam sebuah koper di bawah jembatan Desa Karanggondang, Kabupaten Blitar.

Mayat korban ditemukan dalam kondisi mengenaskan, karena tanpa memakai busana dan tanpa kepala. Sampai saat ini, polisi masih mencari keberadaan kepala korban.

Berita Terkait
Komentar
Terkini