Masuk

Politisi PKS Sindir Pernyataan Pemerintah Soal Rugi Jual Pertamax

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS, Mulyanto, mengkritik pernyataan Menteri BUMN, Erick Thohir yang mengaku rugi menjual BBM Pertamax RON 92.

Pernyataan ini dinilai sebagai pernyataan yang aneh oleh Mulyanto, olehnya itu dia meminta kepada pemerintah untuk segera membuka data Harga Pokok Produksi (HPP) Pertamina.

Dia lantas mengaku heran, bagaimana mungkin ada aksi jual rugi yang terjadi di perusahaan plat merah. Menurutnya, ini sama halnya dengan melakukan aksi bunuh diri.

Baca Juga: Rekrutmen Bersama BUMN Batch II Telah Dibuka! Berikut Jadwalnya

“Bagaimana bisa badan usaha melakukan aksi jual rugi. Ini sama saja aksi bunuh diri bagi perusahaan”, kata Mulyanto di keterangannya, Selasa 13 September 2022, seperti dikutip dari RMOL.

Sehingga kata Mulyanto, jika benar adanya aksi jual rugi, maka seharusnya pihak yang terlibat harus diperiksa dan diminta pertanggungjawabannya.

Menurutnya, jika Erick Thohir selaku Menteri BUMN menyetujui hal ini pada saat rapat umum pemegang saham maka ini merupakan sebuah kondisi yang aneh bin ajaib.

Baca Juga: Erick Thohir Diutus Cek Lokasi Pernikahan Putra Jokowi di Solo, Ada Pesta Rakyat untuk Wisatawan Lokal

Dia juga mengatakan bagaimana bisa sebuah badan usaha akan tumbuh sehat kalau ada rencana legal terkait aksi jual beli rugi.

“Apakah Menteri BUMN pada saat rapat umum pemegang saham menyetujui aksi jual beli rugi ini. Kalau iya, ini merupakan kondisi yang aneh bin Ajaib”, katanya.

Mengenai harga Pertamax RON 92, legistator PKS ini menilai harga jual di Indonesia itu masih mahal jika dibandingkan dengan BBM nonsubsidi RON 97 Petronas Malaysia yang hanya sekitar 4,2 RM atau jika dirupiahkan sekitar RP 14.190 per liternya.

Sehingga kata Mulyanto, harga jual di Petronas Malaysia jika dibandingkan dengan Indonesia, persentase perbedaan harganya sekitar 310 persen.

Baca Juga: Ibu Iriana Jadi Bahan Candaan, Ini Kata Erick Thohir

Olehnya itu, fakta ini cukup menggelitik jika dilakukan perbandingan harga dengan negara lain terhait harga jual Pertamax.