Makassar Terkini
Masuk

Prabowo Resmi Umumkan Bakal Mencalonkan Lagi di Pilpres 2024

Terkini.id, Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyatakan bersedia dicalonkan sebagai presiden di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra di Sentul International Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat, Jumat 12 Agustus 2022.

“Dengan ini, saya menyatakan, bahwa dengan penuh rasa tanggung jawab saya menerima permohonan saudara untuk bersedia dicalonkan sebagai calon presiden RI,” kata Prabowo, seperti dikutip Era.id, Jumat 12 Agustus 2022.

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan, Rapimnas kali ini juga akan menjadi momentum untuk mendengarkan jawaban Prabowo atas permintaan para kadernya untuk kembali maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

“Rapat hari ini agendanya tunggal, yakni mendengarkan jawaban ketua dewan pembina dan ketua umum Bapak Prabowo Subianto atas permintaan DPD, DPC, PAC, ranting, kader seluruh Indonesia serta masyarakat seluruh Indonesia, juga organisasi sayap, Dewan pengurus luar negeri Partai Gerindra yang meminta agar beliau maju sebagai presiden dalam 2024,” kata Muzani.

Adapun Rapimnas Partai Gerindra hari kedua, rencananya akan ada agenda deklarasi koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Prabowo dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskadar akan berorasi politik terkait visi misi koalisinya untuk Pemilu 2024.

Sebelumnya sempat diberitakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab soal kabar dirinya memberikan restu kepada Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju di kontestasi Pilpres 2024. Jokowi mengatakan dirinya tidak bisa melarang orang.

“Istilahnya saya kira karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan, ndak, kan nggak gitu mustinya,” kata Jokowi di Kompleks Istana, seperti dikutip detiknews, Jumat 12 Agustus 2022.