Makassar Terkini
Masuk

Presiden Jokowi : Saya Harapkan Nanti Otorita Juga Bisa Untuk Deputinya Merekrut Orang Daerah

Terkini.id, Jakarta – Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe baru saja dilantik.

Bersamaan dengan itu pada rapat terbatas yang membahas IKN di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar yang mengisi posisi deputi di Otorita IKN adalah putra daerah.

“Saya harapkan nanti otorita juga bisa untuk deputinya merekrut orang daerah. Sehingga keterlibatan masyarakat di daerah betul-betul kita libatkan,” ujar Jokowi sebagaimana dilansir dari Kompascom. Kamis, 10 Maret 2022.

Lebih lanjut, Presiden meminta agar sosialisasi pemindahan ibu kota dilakukan secara efektif dengan berbagai elemen masyarakat.

“Dan komunikasi ke berbagaielemen kenapa sih ada pemindahan ini. Tolong yang disampaikan urusan pemerataan PDB ekonomi, urusan ketimpangan wilayah antara Jawa dan luar Jawa,” lanjutnya.

Kemudian, Jokowi meminta agar sosialisasi tersebut mencakup informasi mengenai padatnya penduduk Jawa yang menyumbang 56 persen penduduk Indonesia dan 58 persen dari PDB ekonomi negara saat ini.

“Disampaikan juga Jakarta pun akan kita perbaiki. Bukan ditinggalkan. Jangan ada sebuah persepsi itu,”tambahnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo resmi melantik Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe sebagai Kepala Otorita dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara periode 2022-2027.

Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 10 Maret 2022 sore.

Adapun pelantikan kedua tokoh tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 9N Tentang Pengangkatan Kepala Otorita IKN dan Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Masa Jabatan 2022-2027 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Usai pembacaan Surat Keputusan Presiden tersebut, Presiden Jokowi memimpin pengucapan sumpah jabatan yang diikuti Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe.