Prestasi Calon Kapolri Komjen Idham Azis, Pernah Menumpas Kelompok Teroris Dr Azhari

Kapolri
Calon Kapolri Komjen Pol Idham Azis. (Foto: Merdeka)

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen Polisi Idham Azis sebagai calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Tito Karnavian.

Tito Karnavian diberhentikan dari jabatannya sebagai Kapolri lantaran ditunjuk oleh Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

‎”Pengganti Pak Tito sebagai Kapolri, Pak Idham Azis, kabareskrim. Sudah kami ajukan ke DPR,” kata Jokowi kepada awak media di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Sebelum menunjuk Komjen Idham Azis, Jokowi telah memberi amanah kepada Wakapolri Komjen Ari Dono sebagai penjabat sementara (Plt) Kapolri.

Dihimpun dari berbagai sumber, Idham Azis lahir di Kendari, Sulawesi Tengah pada 30 Januari 1963.

Idham lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada tahun 1988. Ia dikenal memiliki pengalaman yang mumpuni dalam bidang reserse.

Ia dikenal berprestasi dalam hal melumpuhkan teroris. Pada 9 November 2005, Idham bersama timnya berhasil menumpas kelompok teroris, Dr Azhari, di kawasan Batu, Malang, Jawa Timur.

Berkat prestasinya tersebut, Idham memperoleh kenaikan pangkat dari Kapolri saat itu, Jenderal Polisi Sutanto.

Ia bersama dengan para kompatriotnya saat itu yakni Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, dan Rycko Amelza Dahniel, mendapat penghargaan dari Jenderal Sutanto.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Politik

Ketua DPRD Sidrap Definitif Ditetapkan

Terkini.id, Sidrap – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Sidrap yang digelar, Kamis 14 November 2019 akhirnya mengumumkan mantan Sekda Sidrap H Ruslan sebagai Ketua DPRD