Gantikan Tito Karnavian, Komjen Idham Azis Ditunjuk Jokowi Jadi Kapolri

Kapolri
Komjen Idham Azis ditunjuk Jokowi jadi Kapolri. (Foto: Sindonews)

Terkini.id, Jakarta – Kabareskrim Komjen Pol Idham Azis ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Tito Karnavian.

Diketahui, Tito Karnavian mendapat amanah baru dari Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Ia pun telah resmi dilantik oleh presiden pada Rabu, 23 Oktober 2019, di Istana Negara.

‎”Pengganti Pak Tito sebagai Kapolri, Pak Idham Azis, kabareskrim. Sudah kami ajukan ke DPR,” kata Jokowi kepada awak media di halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.

Sebelum menunjuk Komjen Idham Azis, Jokowi telah memberi amanah kepada Wakapolri Komjen Ari Dono sebagai penjabat sementara Kapolri.

Komjen Ari Dono akan menjabat sebagai Plt Kapolri hingga saat DPR menentukan pengganti Tito Karnavian.

Dilansir dari wikipedia, Komjen Pol Idham Azis merupakan lulusan Akpol tahun 1988 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Ia termasuk polisi yang mendapat kenaikan pangkat cukup cepat saat tergabung dalam tim Bareskrim, dengan prestasi menumpas teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Jawa Timur, pada tanggal 9 November 2005.

Ia bersama dengan para kompatriotnya, Tito Karnavian, Petrus Reinhard Golose, Rycko Amelza Dahniel, dan kawan-kawan, mendapat penghargaan dari Kapolri saat itu, Jenderal Sutanto.

Berita Terkait
Komentar
Terkini