Proyek Restorasi Kota Makassar Tahun 2022 Telan Anggaran 1,4 Triliun

Terkini.id, Makassar – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, Helmy Budiman menuturkan, ada beberapa proyek yang masuk dalam perencanaan Restorasi Kota Makassar pada tahun 2022.

Di antaranya, revitalisasi Lapangan Karebosi dan pusat kuliner Kanrerong, pembangunan sirkuit balap dan kawasan olahraga di wilayah Untia, hingga revitalisasi kawasan Anjungan Pantai Losari.

“Memang kisaran angkanya di angka Rp1,4 triliun, seluruh aktivitas tender dilakukan di Januari ini,” kata Helmy, Senin, 3 Januari 2022.

Baca Juga: Konjen Australia dan Monash University Temui Wali Kota Makassar, Bahas...

Untuk revitalisasi Lapangan Karebosi, sejumlah fasilitas olahraga akan ditambah dan yang sudah ada bakal diperbaiki.

Dari 3 lapangan yang ada, 1 lapangan bakal dipasangi rumput sintetis, sementara 2 lapangan lainnya masing-masing akan dibagi tiga sehingga menghasilkan 6 lapangan kecil yang menggunakan rumput yang berkualitas bagus. Tempat duduk untuk penonton juga akan dibuat.

Baca Juga: Hadiri Konvensi Nasional III Pendeta Gereja Toraja di Asrama Haji,...

Selain itu, area lintasan lari (jogging track) juga akan diperbarui. Area itu nantinya bakal dipasangi shuttle ban agar orang-orang dapat berlari dengan baik dan tidak lagi berlari di atas lintasan beton.

Sementara untuk kawasan kuliner Kanrerong, rencananya bakal dibuat menjadi bangunan row yang membujur.

Untuk revitalisasi kawasan Anjungan Pantai Losari, bakal disulap menjadi kawasan atraksi. Sejumlah wahana wisata baru bakal dibangun seperti kapal Pinisi dan Rumah Toraja.

Baca Juga: Hadiri Konvensi Nasional III Pendeta Gereja Toraja di Asrama Haji,...

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto mengatakan pembangunan Government Center dan perbaikan Jalan Balang Tonjong juga bakal dilakukan sebagai bagian dari restorasi kota.

Gedung Government Center rencananya bakal dibangun di dekat Balai Kota dengan luas lahan 14 ribu meter persegi dengan tujuh lantai untuk menjadi pusat pelayanan publik. 

“Saya akan perbaiki Jalan Balang Tonjong yang dulu sempat tertunda. Kemudian pembangunan Government Center itu sekitar Rp200 miliar. Jadi kalau restorasi kota anggarannya sekitar 1 triliunan,” jelas Danny.

Bagikan