Pushidrosal TNI AL Siap Gelar Pertemuan EAHC, 13 Negara Bakal Hadir

Pushidrosal TNI A
Pushidrosal TNI AL Siap Gelar Pertemuan EAHC, 13 Negara Bakal Hadir

Terkini.id, Jakarta – Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) selama lima hari menggelar pertemuan negara-negara anggota East Asia Hydrographic Commission (EAHC) di Bali.

Pertemuan tersebut akan mengagendakan tiga kegiatan yaitu kegiatan 9th EAHC Training, Reaserch And Development Centre Board Of Directors (TRDC-BOD), 6th East Asia Hidrographic Commission Steering Committee (EAHC-SC) dan Malacca and Singapore Strait-ENC (MSS-ENC) Steering Committe yang dilaksanakan mulai tanggal 18-22 Februari 2019.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito bertempat di Prama Sanur Beach Hotel, Bali, pada Senin 18 Februari 2019.

“Pertemuan EAHC ini bertujuan untuk meningkatkan kontribusi masing-masing negara anggota EAHC dalam meraih tujuan organisasi sekaligus meningkatkan kerja sama dalam implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan  kerjasama  di bidang hidrografi,” kata Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro yang saat ini juga menjabat sebagai Vice Chair EAHC, Jumat 15 Februari 2019.

Pertemuan  EAHC di Bali  ini akan dihadiri  lebih kurang 50-an delegasi asing dan 10 delegasi Indonesia.

Peserta berasal dari seluruh negara EAHC, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, China, Vietnam, Korea Selatan, Korea Utara, Brunei Darussalam, dan Jepang.

Selain itu turut hadir perwakilan negara Observer EAHC  yaitu  Amerika,  Inggris  dan Kamboja, serta Presiden International Hydrographic Organization (IHO) Dr Mathias Jonas.

EAHC merupakan organisasi Hidrografi di Kawasan Asia Timur

East Asia Hydrographic Commission (EAHC) merupakan organisasi hidrografi di kawasan Asia Timur yang merupakan salah satu dari 15 Regional Hydrographic Commission (RHC) di bawah IHO.

Pertemuan EAHC yang akan digelar di Bali ini, meliputi Training Research and Developmpent Centre-board of Directors (TRDC-BOD) yang bertujuan meningkatkan capacity building negara anggota EAHC melalui pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan serta kemampuan teknis survei dan pemetaan laut para surveyor negara-negara anggota EAHC.

Yang kedua, East Asia Hydrographic Commission-Steering Committee (EAHC-SC), merupakan forum high level untuk memutuskan beberapa kegiatan strategis maupun working group yang telah direncanakan oleh sekretariat EAHC.

Serta Malacca and Singapore Strait-ENC Steering Committee (MSS ENC-SC), yang merupakan kerjasama antara Indonesia, Singapura dan Malaysia dan pihak Jepang sebagai Distributor MSS-ENC dalam memenuhi kebutuhan jaminan keselamatan pelayaran di Selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan salah satu jalur terpadat di dunia.

Komentar

Rekomendasi

Berikut Nama 20 Dokter yang Gugur Akibat Corona

Balai Kota Makassar Ditutup, Iman Hud: Kita Terapkan Protokol Penanganan Covid-19

Dokter Marhaen: Ketidakjujuran Pasien Berdampak Tingginya Angka Kematian Medis

DKI Jakarta Resmi Berstatus PSBB Corona, Ojol Dilarang Angkut Penumpang

Pengusaha Ini Hibahkan Lahan 1 Hektar Miliknya untuk Area Pemakaman Korban Corona

Sering Bicara Khilafah dan Hina Presiden, Ali Baharsyah Ternyata Kolektor Video Mesum

3 Poin Sikap AJI Terkait Privilese Wartawan untuk Tes Cepat Covid-19

Terpidana Teroris Abu Bakar Ba’asyir Surati Jokowi, Minta Dibebaskan akibat Corona

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar