Puskesmas Minasa Upa Intens Galakkan Pencegahan Covid-19 pada Masyarakat

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

Terkini.id-Makassar, Mobil ambulance memasuki perumahan Minasa Upa blok AB siang itu sedikit membuat warga terperanjat.

Bahkan beberapa ibu ibu rumah tangga menyempatkan untuk keluar pekarangan rumahnya, untuk melihat lebih dekat ada apakah gerangan yang terjadi ?

Apalagi mobil ambulance ini perlahan berjalan dengan pelannya. Sayup-sayup terdengar semacam himbauan.

Rupanya mobil ini bukan membawa atau mengantar pasien sedang yang sakit.

Ternyata, kendaraan ini menjadi multifungsi didaulat sebagai sarana dalam penyampaian informasi berjalan bagi segenap masyarakat yang bermukim di seputaran wilayah Minasa Upa ini terhadap bahaya dan pencegahan wabah corona virus desease (Covid-19) .

Baca juga:

Siang itu, Petugas Puskesmas Minasa Upa rutin mengadakan himbauan di lokasi Minasa Upa Blok AB ini. Untuk diketahui ORW 17 ini mempunyai 9 (sembilan) organisasi rukun tetangga (0RT) masuk dalam wilayah Kelurahan Minasa Upa Kecamatan Rappocini.

Suara pelantang yang keluar dari vokal seorang wanita tak henti hentinya menghimbau akan pentingnya pencegahan Corona virus , menjadi sangat berguna di tengah tengah masyarakat yang butuh informasi langsung dari pihak terkait tentunya.

“Kami petugas puskesmas Minasa Upa, agar terhindar jagalah jarak dengan individu yang lain, cuci tangan dengan benar, patuhi petunjuk yang telah diberikan, “ujar Hj Muliati salah satu Petugas medis dari Puskesmas Minasa Upa.

“Cara pencegahan: hati hati kontak dengan hewan. Rajin berolah raga, bila batuk pilek dan sesak nafas segera hubungi fasilitas kesehatan, jangan mengkonsumsi makanan yang tidak diolah dan dimasak dengan baik dan konsumsi makanan yang sehat,”tambahnya.

‘Jangan lupa mencuci tangan, gosoklah sela sela jari tangan, kemudian telapak tangan ,kemudian balikkan tangan gosok secara perlahan, Lalu gosok ujung jari secara bergantian, dan dilakukan selama 60 detik lamanya,’ imbuh rekan petugas medis yang lainnya.

“Penggunaan Handsanitizer efektif digunakan ketika saat bepergian, kesulitan mencari air bersih. Cuci tangan dengan air bersih dan sabun, efektif mencuci tangan yang kotor dan tampak bersih. Untuk residu/ sisa makanan makanan masih menempel, serta bisa dengan mudah mendapatkan air dan sabun antiseptik,” pungkasnya.

Hj.Muliati bersama tenaga medis lainnya , tepatnya di Puskesmas Minasa Upa nampak tak henti hentinya mengeluarkan himbauan akan pentingnya menjaga kebersihan hingga Social Distancing atau pembatasan jarak sosial.

Disamping himbauan melalui mobil keliling juga dilaksanakan penyampaian melalui fasilitas rumah ibadah , diantaranya melalui pengeras suara di Masjid Al-Ikhlas yang dengan rutin setiap hari sebagai sarana penyampaian ke masyarakat kompleks Minasa Upa Blok AB dan warga sekitar Minasa Upa ini setiap harinya.

Dilansir dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Virus Covid-19 mempunyai beberapa gejala klinis, diantaranya seperti gejala batuk yang merupakan respon alami tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, gejala sesak nafas dimana hal ini merupakan kondisi ketika kita mengalami kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara dan juga gejala demam.

Yakni ketika suhu tubuh meninggi dengan kondisi meningkatnya suhu tubuh tersebut hingga lebih dari 38º C, gejala demam ini menandakan adanya penyakit atau kondisi lain di dalam tubuh, hingga gejala gangguan pernafasan, yakni ketika pernapasan bermasalah, tubuh akan mengalami kesulitan dalam memperoleh oksigen dan membuang zat limbah CO2.

Dikesempatan yang sama, Salah seorang ketua ORT yakni Ketua ORT B Ir.Mustamin Ninra Dg Sibali, mengapresiasi langkah langkah yang diambil oleh pihak Puskesmas Minasa Upa dan pemerintah kota Makassar melalui jajaran Kelurahan Minasa Upa dan jajaran dari Kecamatan Rappocini.

Disamping itu juga pihaknya menggalakkan menanam apotik hidup sebagai wadah percontohan apotik hidup di kalangan warga.

Seperti dicontohkannya menanam jahe , sereh hingga kelor dan lainnya di beberapa tempat. Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya dalam memenuhi nutrisi alami pada masyarakat.

Komentar

Rekomendasi

Polres Gowa Mamfaatkan Kandang Ayam Terabaikan

Spesialis Cover Lagu, Channel YT ini Cocok Untuk Kamu yang Lagi Nyantai

Wujudkan RPH Sesuai Standarisasi dan Terintegrasi

Polres Gowa, Juara Pertama Bhabinkamtibmas Teladan Tingkat Polda Sulsel

Ops Ketupat Lipu 2020, Fokus Pada Pengendara Tidak Makai Masker

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar