Rasanya Juara, Ini Rahasia Lumpia Sulawesi

Toko Lumpia Sulawesi

Terkini.id, Makassar – Makassar salah satu kota di Indonesia yang memiliki sejarah peranakan etnik Tionghoa perantauan yang sangat kuat. Budaya Tionghoa melebur ke dalam kehidupan warga sehari-hari termasuk kuliner.

Salah satu kuliner Makassar yang paling diminati wisatawan berupa lumpia. Lumpia merupakan kuliner peranakan yang memadukan cita rasa Tionghoa dengan Sulawesi.

Jajanan khas Tionghoa ini, memiliki isian sayur serta bahan-bahan lainnya yang digulung ke dalam lembaran tipis dari tepung beras atau tepung gandum.

Ketika mendengar kata Lumpia, seketika terbersit di benak kita Lumpia Sulawesi. Sebab, jajanan ini memang sangat populer dan diterima baik oleh masyarakat di Kota Makassar sejak dulu, karena cita rasanya yang nikmat.

Toko Lumpia Sulawesi

Outletnya telah berdiri di Kota Makassar selama kurang lebih 30 tahun. Lokasinya berada di Jalan Lasinrang, memang sepanjang jalan tersebut banyak berjejer pedagang yang menjajakan jajanan yang serupa.

Menarik untuk Anda:

Meskipun bersaing dengan kompetitor-kompetitor lain di sekitarnya, namun penganan Lumpia di sini merupakan salah satu yang paling banyak diincar para pemburu kuliner. Bahkan banyak pula yang memesan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

“Ada beberapa hal yang membuat Lumpia Sulawesi ini sangat spesial, sehingga banyak diminati oleh pengunjung. Yang pertama adalah dari kulit luar Lumpia-nya. Kulit Lumpia buatan kios Lumpia Sulawesi ini agak tipis, sehingga ketika digoreng akan menghasilkan tekstur yang gurih dan renyah dan meninggalkan sensasi  ketika digigit,” kata Ros, karyawan Lumpia Sulawesi, Selasa, 4 Desember 2019.

Toko Lumpia Sulawesi

Ros mengatakan untuk menjaga tingkat kerenyahan kulitnya, dirinya memilih untuk menyajikan Lumpia-nya dalam kondisi hangat kepada pelanggan yang datang.

Selanjutnya ada pada isian Lumpia-nya yang lezat. Lumpia Sulawesi yang berisikan potongan bengkuang. Bengkuang tersebut dipotong-potong memanjang seperti korek api, lalu kemudian ditumis bersama, udang, bengkoang, serta wortel.

Rasa isiannya sangat nikmat di lidah, dengan aroma bumbu yang tidak terlalu rumit. “Saus sambalnya juga banyak disebut-sebut oleh para pelanggan. Yang khas dari saus sambal di sini yakni terdapat pada salah satu bahan yang digunakan yaitu tauco, bahan bumbu yang berasal dari hasil fermentasi kacang kedelai,” ungkapnya.

Tekstur saus sambalnya kental dan berhasil memperkaya rasa dari Lumpia Sulawesi itu sendiri, sehingga akan menimbulkan sensasi rasa yang pedas, manis, serta gurih.

Terkait dengan terpilihanya Lumpia Sulawesi sebagai salah satu tempat kuliner favorit versi Makassar Most Favourite Culinary Award 2019 dari terkini.id, Ia mengaku senang lantaran Lumpia Sulawesi selalu mempertahankan kualitas.

“Kami berkomitmen untuk menghidangkan yang terbaik kepada pelanggan,” pungkasnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Cicipi Kuliner Djoeragan Dapur, Pelanggan: Rasanya Endes

Hadir di Makassar, Djoeragan Dapur Sajikan Menu Khas Kepiting Hambur

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar