Burger “Ummie Kinoi” Sasar Semua Kalangan, Berikut Cerita di balik Prosesnya

Pemilik Burger 'Ummi Kinoi', Zakinah Risal

Terkini.id,MakassarBisnis tak selamanya sekadar mencari keuntungan sebesar-besarnya, tetapi bagaimana bisa mendatangkan kebaikan bagi orang lain. Hal itulah yang menjadi prinsip Zakinah Risal dalam menggeluti usaha Burger “Ummie Kinoi”.

Sambil bekerja, Kina, sapaan karibnya, menginjak dunia bisnis sejak 2018. Awalnya, dia tak memiliki pemahaman dan tak pernah memikirkan untuk masuk dunia bisnis. Pasalnya, dia mengaku tak memiliki jiwa bisnis sama sekali.

“Kinoi itu nama saya dari jaman saya pertama kali kerja, nama saya Kina namun teman-teman sering plesetkan jadi Kinoi. Jadi itu cikal-bakal penamaan burger saya, Ummie Kinoi,” kata dia saat ditemui di TravelerS Hotel Phinisi, Jumat, 2 Agustus 2019.

Ia memulai usaha Burger “Ummie Kinoi” saat dirinya hamil anak ketiga di bulan Oktober. Saat itu, dia senang membuat burger lantaran suami dan anaknya hobi makan, dan memberi penilaian bahwa makanan tersebut enak di lidah.

Berbekal itu, ia mencoba membawa hasil masakannya ke kantor dan mendapat respons positif dari teman-teman kantornya.

“Malah Banyak yang order, kan zaman sekarang banyak orang makan dan suka lalu posting, ini enak,” kata dia.

Berawal dari postingan teman kantornya, “Ummie Kinoi” akhirnya order pesanan bertambah dan merambah dari hotel ke hotel. Ia mengatakan, saat itu, dirinya pernah membawa seratus Burger “Ummie Kinoi” perhari.

“Jadi saya mengedrop teman-teman di hotel-hotel. Ada hotel Amelia, Santika, Horison, Golden Tulip, dan banyak lagi. Saya keliling-keliling antar-antar Itu orderan,” ujarnya mengenang awal mendirikan usaha “Ummie Kinoi”.

Ia kemudian memberanikan diri mengirim jualan burgernya ke media sosial, dan berkat itu, pelanggannya semakin bertambah. Bahkan, kata dia, banyak dari daerah-daerah mau waralaba (bagi hasil).

Melihat peluang itu, dia semakin bersemangat dan belajar otodidak secara mendalam ihwal dunia bisnis dengan membaca artikel terkait sistem, cara memperoleh keuntungan, hingga mempelajari perihal waralaba.

“Sekarang ini, berkat waralaba sudah ada beberapa cabang, baik di Maros, Pangkep, Bone, Gowa, Barru, Sidrap, dan Palopo,” ungkapnya.

Berkat Usahanya, saat ini, daerah-daerah sudah tersentuh dengan makanan Burger. Hanya dalam rentang waktu tiga bulan, dia menyebut mulai banyak yang melirik usahanya untuk waralaba.

“Pada saat itu masih jarang (usaha burger) sekarang sudah banyak, malah bukan pesaing buat saya, malah semua orang punya hak untuk berbisnis untuk sukses,” terangnya.

Dia mengatakan termasuk salah seorang yang memanfaatkan era digital dengan baik, berbekal perbincangan dari mulut ke mulut, lantas merambah ke media sosial.

Di sisi lain, setiap bertemu orang, dirinya selalu menyempatkan diri bercerita soal usahanya. Alhasil, saat ini, usahanya mulai merambah ke coorporate seperti acara syukuran, kegiatan  senam pagi di hari Jumat, dan banyak lagi,” urainya.

Dari segi bahan, dia mengatakan yang membedakan “Ummie Kinoi” dari jenis jualan lain ialah rotinya langsung bekerja sama dengan Bakery. Melihat antuasis pelanggan, ia mengatakan dalam waktu dekat dirinya akan bekerja sama denga Kafe Ctrl+C.

Sementara dari segi kemasan, Kina menyebut sudah menggunakan box kertas berlogo dan dicetak sendiri. Ia menegaskan, walau tampilannya menarik, dia tak hendak mengambil keuntungan banyak.

“Biar untung sedikit yang penting berkah,” ujarnya.

Saat ini, Khusus untuk Kota Makassar, “Ummie Kinoi” memiliki beberapa cabang, pertama di depan Jalan Serigala (depan Warkop Seri Onta), kedua, di BTP (Samping SMP 30), dan terakhir di Jalan Arief Rate (depan toko Citra).

“Ummie Kinoi” hadir dengan menawarkan harga yang bersahabat dan menyentuh semua kalangan. Adapun variasi harga yang ditawarkan, antara lain:

Burger 13K, Hotdog10K, Sosis Crispy 2K, Black Burger 15K, Sosis Lumer Keju 10K, Hitam Manis 13 K, Kentang Goreng Saos Keju 10K, Cilok Keju Nempol 7K, Nasi Kepal 5K.

“Ummie Kinoi” membuka pesanan online melalui grab dan gofood. Bagi yang penasaran bisa berselancar ke instagram @kinkin-kinoi, facebook @Kinkin Kino.

Berita Terkait
Komentar
Terkini