Masuk

Refly Harun Sebut Elektabilitas Anies Baswedan Bergantung Pada Kegagalan Jokowi

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pakar hukum tata negara Refly Harun menyebutkan kalau tingkat elektabilitas Capres NasDem Anies Baswedan akan semakin tinggi jika Jokowi gagal dalam menjalankan perannya sebagai kepala negara.

“Gelombang balik,” ujar Refly Harun, Kamis 8 Desember 2022.

“Anies akan terus naik, ya seperti teori bandul. Sepanjang Presiden Jokowi dianggap tidak berhasil, Anies akan terus naik. Seperti masyarakat menyandang harapannya,” tambahnya.

Baca Juga: Diduga Sindir Jokowi, Anies Baswedan Berharap KA Parahyangan Tahun Depan Masih Ada

Kemudian, Refly Harun menilai peluang Anies Baswedan dalam memenangkan Pilpres 2024 semakin kuat jika deklarasi Ganjar Pranowo sebagai Capres datangnya terlambat.

Ia mengatakan kalau Ganjar Pranowo adalah saingan terkuat Anies Baswedan dalam Pilpres 2024.

Selain itu, status Anies Baswedan yang bukan lagi pejabat negara dan murni dibiayai oleh partai membuatnya unggul dari Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Baca Juga: Refly Harun: Dibandingkan Jokowi, Anies Baswedan Lebih Disambut Warga Saat ke Daerah

“Karena rakyat pun bisa meminta pertanggungjawaban atas uang negara yang dipakai,” ucapnya.

Refly Harun berujar status Prabowo Subianto yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan membuatnya tidak dapat bergerak cepat dalam melakukan manuver politiknya.

Jika Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo ingin menyaingi Anies Baswedan, Refly Harun menyarankan agar mereka mengajukan pengunduran diri sebagai pejabat pemerintahan.

“Anies sudah tidak lagi Gubernur, sekaligus sudah deklarasi. Kedatangan Anies sudah bukan lagi pejabat negara,” katanya.