Refreshing Peserta Prolanis Sehat Ceria UPTD Puskesmas Lau, Maros

Terkini.id, Maros-Program Pengelolaan Penyakit Kronis atau disingkat Prolanis merupakan salah satu sistem pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Lau, Maros dengan pendekatan proaktif yang dilaksanakan secara terintegrasi yang melibatkan Peserta, Fasilitas Kesehatan Puskesmas Lau, dan BPJS Kesehatan dalam rangka pemeliharaan kesehatan bagi peserta JKN-KIS yang menderita penyakit kronis (Hipertensi,Diabetes) untuk mencapai kualitas hidup yang optimal.

Prolanis “Sehat Ceria” Merupakan Kelompok peserta Prolanis binaan UPTD Puskesmas Lau, Maros, yang terdiri dari kurang lebih 80 peserta aktif sampai saat ini.

Penanggung jawab Prolanis ” Sehat Ceria ” Puskesmas Lau , dr. Darma mengatakan, selain senam prolanis, dalam kegiatan ini juga di lakukan pemeriksaan rutin laboratorium , pemberian obat, pemeriksaan kesehatan, dan edukasi kesehatan bagi peserta diabetes mellitus dan hipertensi, tiap sekali dalam sebulan di puskesmas lau,” ungkapnya, Sabtu 7 Desember 2019.

Baca Juga: PKD GP Ansor Maros Ulas Sejarah Kebangsaan Indonesia

“Namun kali ini kami lakukan kegiatan di Pantai Akarena Makassar yang di hadiri langsung kepala UPTD Puskesmas Lau, dr. Sri Syamsinar Rahcmah,S.Ked, seluruh peserta Prolanis Sehat Ceria dan Tim prolanis PKM Lau, sebagai upaya
agar peserta dapat sekaligus refreshing sehingga pelaksanaan kegiatan prolanis tidak selalu di dalam gedung Puskesmas,“ ujarnya.

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Lau, dr. Sri Syamsinar menjelaskan, agi peserta yang berada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Lau Maros agar dapat memanfaatkan pelayanan yang ada di Puskesmas.

Baca Juga: GP Ansor Maros Gelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar Angkatan I

“Jangan tunggu sampai sakit. Utamanya bagi Masyarakat yang sudah menyandang diabetes mellitus dan hipertensi agar mau dilakukan pemantauan secara rutin oleh Puskesmas di dalam klub prolanis Sehat Ceria,” ungkap Sri Syamsinar”

Olehnya itu, untuk kegiatan Prolanis di UPTD Puskesmas lau sudah berjalan dengan baik dan manfaatnya juga telah dirasakan oleh peserta Prolanis.

“Kami juga rutin melakukan aktifitas-aktifitas untuk pemeliharaan kesehatan masyarakat di wilayah kami, khususnya peserta Prolanis binaan kami,” terangnya.

Baca Juga: Peringati Milad 74 tahun HMI, Ini Sejarah Awal HMI Cabang...

“Diharapkan dari pelaksanaan Prolanis di wilayah kami dapat berjalan dengan baik ke depannya sehingga tujuan peserta Prolanis untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dapat terwujud,” imbuh kepala Puskesmas Lau, dr. Sri Syamsinar.

Sponsored by adnow
Bagikan