Rencana Pembangunan Kanal Selatan dari Dinas PU Makassar Masuki Tahap Studi Kelayakan

Terkini.id, Makassar – Rencana pembangunan Kanal Selatan dan penerusan Kanal Jongaya dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar telah memasuki tahap ekspose studi kelayakan.

Humas Dinas PU Makassar, Hamka Darwis menginformasikan, bahwa terusan dan pembangunan kanal yang bakal dibangun di kawasan reklamasi baru ini layak dilaksanakan.

“Tim studi berkesimpulan prasarana ini layak dilaksanakan. Sebab dibutuhkan Kota Makassar dalam beberapa aspek. Di antaranya teknis, ekologis, lingkungan, ekonomi, dan finansial,” ungkap Hamka Darwis, Senin, 8 April 2019.

Baca Juga: Pembangunan Drainase Belum Jalan, Dinas PU Makassar: Sementara Proses Lelang

Beberapa di antaranya, yakni membantu sistem pengendalian banjir dan drainase kota, berkontribusi dalam upaya normalisasi sistem drainase sekaligus meminimalisir pencemaran di Pantai Losari.

Selain itu, kata Hamka Darwis, juga dapat sebagai sistem transportasi air yang memiliki fungsi sosial. Kemudian, dapat menjadi pengembangan kapasitas eksisting dan perencanaan drainase perkotaan di Makassar.

Baca Juga: DPRD Makassar Harap Pengerjaan Jalan Metro Tanjung Bunga Tak Molor

Meski begitu, penerusan dan pembangunan kanal ini nantinya memerlukan beberapa syarat, antara lain harus ada pengolahan air limbah serta penataan dan pengelolaan kanal.

Adapun tim studi kelayakan ini berasal dari tenaga ahli dari berbagai bidang, mulai dari tenaga ahli oseonografi, tenaga ahli teknim pantai, sosial ekonomi pesisir, teknik lingkungan, ahli perkotaan, ahli kelautan dan tenaga ahli perencanaan wilayah.

Bagikan