Resmi Dilantik, Ini Alasan Jokowi Tunjuk Wiranto Jadi Ketua Wantimpres

Terkini.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik sembilan anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) pada Jumat, 13 Desember 2019, di Istana Negara, Jakarta.

Kesembilan Wantimpres tersebut berasal dari kalangan politikus, pengusaha, hingga ulama.

Adapun nama-nama mereka yakni Sidharto Danusubroto (PDIP), Wiranto (eks Menko Polhukam), Arifin Panigoro (pengusaha), Agung Laksono (Golkar), Putri Kuswisnu Wardani (pengusaha), Dato Sri Tahir (pengusaha), M Mardiono (PPP/pengusaha), Habib Luthfi bin Yahya (Ulama) dan  Soekarwo (eks Gubernur Jatim).

Baca Juga: Jakarta Resmi Jadi Tuan Rumah Formula E, FEO Apresiasi Partisipasi...

Dari kesembilan nama tersebut, Presiden Jokowi menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres.

Menurut Jokowi, penunjukan mantan Menko Polhukam itu sebagai ketua Wantimpres lantaran ia menilai sosok Wiranto sangat berpengalaman di bidang pemerintahan.

Baca Juga: Posisi Sekda Papua Jadi Polemik Berkepanjangan, Lukas Embe Lantik Sekda...

“Ya tadi kan saya sampaikan masalah pengalaman, track record, Pak Wiranto kan track record dan pengalamannya saya kira sudah panjang di pemerintahan, di TNI,” kata Jokowi di Istana Negara, seperti dilansir dari Liputan6, Jumat, 13 Desember 2019.

Selain berpengalaman di bidang pemerintahan, Wiranto juga dinilai oleh Jokowi punya pengalaman dalam bidang pertahanan dan keamanan.

Diketahui, Wiranto pernah menjadi Panglima ABRI ke-12 dan Menteri Pertahanan dan Keamanan pada masa kepemimpinan Soeharto.

Baca Juga: Posisi Sekda Papua Jadi Polemik Berkepanjangan, Lukas Embe Lantik Sekda...

“Ya kan memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden,” ucap Jokowi.

Bagikan