Resmikan BI Corner di Unhas, Iwan Setiawan: Kontribusi Nyata Dalam Dunia Pendidikan

Terkini.id, Makassar – Kepala Grup Sistem Pembayaran Pengeloaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi Bank Indonesia, Iwan Setiawan, mengatakan BI hendak memberikan kontribusi nyata dalam dunia akademik.

“Supaya BI bisa memberikan kontribusi nyata dalam memberikan berbagai hasil riset, keilmuan untuk kepentingan akademis,” kata dia usai meresmikan BI Corner di Perpustakaan Unhas, Senin, 30 September 2019.

Dia mengungkapkan, BI Corner di Unhas merupakan yang ke-12 di Sulawesi Selatan. Ia menyebut program BI Corner bakal berakhir pada tahun 2020 di seluruh indonesia.

“Tidak hanya sekedar membangun, tetapi bekerja sama dengan dunia akademis, baik universitas maupun SMA, dan SMP,” ungkapnya.

Iwan mengatakan, sejauh ini, program BI Corner berjalan dengan baik dan sangat positif lantaran mahasiswa memiliki akses informasi tentang seluk-beluk dunia perbankan.

“Kami juga memantau terkait mahasiswa yang diberikan beasiswa. BI berkomitmen untuk mendukung dunia pendidikan,” ujarnya.

Terkait dengan buku BI Corner, Iwan mengatakan pihaknya telah menyediakan berbagai referensi, antara lain, literatur bertema moneter, finansial, perbankan, enterpreuneur, dan kisah-kisah inspiratif para pengusaha-pengusaha sukses yang ada di dunia.

Terkait target BI Corner di Sulsel, Iwan menegaskan, pihaknya telah merencanakan untuk menghadirkan sebanyak 20 hingga tahun 2020.

Semetara, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Riset, dan Kemitraan, Muh. Nasrum Massi berharap BI Corner dapat memberikan banyak manfaat dalam memajukan Unhas. Demikian juga, kata dia, unhas bisa memberikan manfaat kerjasama tersebut.

“Untuk BI Corner, sangat banyak yang bisa kita lakukan, alumni BI bisa datang, dan ada kuliah-kuliah, dan workshop untuk memberi pengetahuan bagaimana dunia perbankan secara general,” ungkapnya.

Dia menilai perpustakaan mesti mengalami perkembangan dengan menghadirkan corner-corner. Dengan begitu, ia mengatakan, perpustakaan bakal menarik mahasiswa untuk datang.

“Dan akhirnya akan ramai, dikunjungi, seperti kafe jadinya yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk belajar,” pungkasnya.

diketahui, BI Corner adalah suatu pojok atau fasilitas yang memberikan edukasi tentang peran dan fungsi bank sentral yang dapat diakses melalui koleksi cetak maupun elektronik.

Meskipun dengan ruang yang tidak begitu luas, dengan desain interior yang menarik, ruang BI Corner memang dirancang senyaman mungkin bagi para penggunanya.

Tidak hanya berupa materi tentang bank sentral saja yang tersedia, namun informasi mengenai kondisi keuangan dan perkonomian di tanah air dan global pun disediakan.

Dalam upaya pemaksimalan fungsinya, BI Corner dapat diakses seluruh pengunjung perpustakaan. Fasilitas yang diberikan BI Corner pun memadai.

Berita Terkait
Komentar
Terkini