Masuk

Rocky Gerung Sebut Anies Baswedan Akan Dihambat Dengan Isu Bukan Indonesia Asli

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Pengamat politik Rocky Gerung meramal kalau berbagai pihak akan mencoba untuk menghambat Anies Baswedan dengan isu bukan Indonesia asli.

Maksud dari bukan Indonesia asli ini adalah Anies Baswedan diketahui merupakan keturunan Arab.

“Akan dicari cara supaya Anies dihambat terus, misalnya ditakuti ‘Anies itu kalau ikut perintah UUD asli dia bukan orang Indonesia asli’, lalu kita bertanya ‘siapa orang Indonesia asli?’, Dari 10.000 tahun lalu kita sudah bercampur di seluruh dunia,” ujar Rocky Gerung, dikutip dari saluran YouTube Rocky Gerung Official, Selasa 29 November 2022.

Baca Juga: Rocky Gerung Sebut Hasil Lembaga Survei Ganjar Pranowo Direkayasa

Lebih lanjut, mantan pengajar Universitas Indonesia ini berpendapat acara Gerakan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno pada Sabtu 26 November 2022 adalah reaksi dari kecemasan Jokowi atas ketenaran Anies Baswedan.

“Tetapi begitu Anies beredar ke seluruh Indonesia, cemas lagi istana. Jadi ini reaksi terhadap blusukan Anies yang diterima gegap gempita,” katanya.

Pada saat Anies Baswedan telah berhenti menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta dan mulai blusukan, Rocky Gerung menilai pihak Istana Negara langsung merasa was-was.

Baca Juga: KKB Kembali Berulah, Rocky Gerung: Ada Bagian dari Batin Orang Papua yang Terus Merasa ada Ketidakadilan

“Bagi istana dia bisa hitung yang disebut efek berantai ini kalau sudah separuh Indonesia itu diasuh relawan Anies ya sudah pemilu selesai sebetulnya, ini euforia susah dipahami,” tuturnya.

Potret Rocky Gerung Bersama Hersubeno Arief (youtube.com/RockyGerungOfficial)

Rocky Gerung juga menyinggung soal kalau seluruh relawan Anies Baswedan tidak diwajibkan menyetor dana seperti layaknya relawan Jokowi.

“Orang menganggap ya mau siapa kek Calon Jokowi yang pokoknya Anies tak ada lawannya dan itu yang kan ditularkan oleh yang disebut Voluntarisme atau kesukarelaan politik ini. Sementara di sisi Jokowi kesukarelaan itu membutuhkan dana, uang, panitia, dan poster kan itu tertinggal, Anies tanpa Poster kemana-mana orang sudah ikut,” ucapnya.

Sebelumnya, Rocky Gerung pernah menyebutkan kalau popularitas Anies Baswedan tidak bergantung kepada Partai Nasional Demokrat (Partai NasDem).

Baca Juga: Soal Relawan, Anies Baswedan: Orang Bekerja Tanpa Dibayar

“NasDem menunggangi popularitas Anies di kalangan relawan, Anies jadi populer bukan karena NasDem, NasDem menunggangi itu jadi NasDem membukakan fasilitas partai di daerah untuk dipakai untuk Anies,” jelasnya.

Bahkan, Rocky Gerung yakin jika Partai NasDem terkena reshuffle kabinet Jokowi, hal tersebut tidak akan berdampak bagi elektabilitas Anies Baswedan sebagai Capres NasDem.

“Anies merasa dia sudah di depan, mau NasDem direshuffle atau nggak itu tak ada pentingnya juga bagi Anies. Anies secara natural tumbuh dan dibesarkan oleh masyarakat,” imbuhnya.