Makassar Terkini
Masuk

Heboh Pernyataan Abu Bakar Ba’asyir Soal Pancasila, Rocky Gerung: Refleksi Hubungan Antara Agama dan Negara

Terkini.id, Jakarta – Viral potongan video Abu Bakar Ba’asyir selaku pendiri Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki, Sukoharjo yang mengakui Pancasila menuai banyak tanggapan salah satunya dari pengamat politik Rocky Gerung.

Dalam potongan video tersebut Abu Bakar Ba’asyir mengakui Pancasila sebagai dasar negara dan didasari oleh Tauhid. Padahal sebelumnya sang ustadz tidak mengakuinya.

Perihal viralnya pernyataan Abu Bakar Ba’asyir tersebut soal Pancasila, Rocky menuturkan hal tersebut adalah refleksi hubungan antara agama dan negara.

Lewat kanal YouTube pribadinya yang juga dipandu oleh Hersubeno Arief, Rocky menilai ada sebuah diskusi di dalam diri Ba’asyir.

“Sekarang kalau kita lihat ustadz Abu Bakar Ba’asyir mengucapkan itu pasti ada diskusi di dalamnya, semacam refleksi tentang hubungan antara agama dan negara,” ucapnya lewat kanal YouTube pribadinya Rocky Gerung Official yang dikutip Kamis 4 Agustus 2022.

Lebih lanjut lagi Rocky tak lupa menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke pondok pesantren Al-Mukmin Ngruki yang didirikan oleh Abu Bakar Ba’asyir.

“Teman-teman di Ngruki itu sengaja mengundang saya untuk kita diskusi tentang hubungan antara agama dan negara. Saya terangkan di situ agama itu adalah kepastian komunitas tapi negara harus berdasarkan pada kesetaraan akses pada keadilan,” ucap Rocky.

Terkait hal tersebu Rocky menjabarkan kala menerima undangan tersebut, dirinya pun terlibat diskusi dengan santri pesantren Ngruki tersebut.

Rocky menyebutkan argumentasi yang diberikan oleh santri Ngruki juga sangat rasional.

“Itu 2019 saya ke tempat itu, lalu diskusi terjadi tajam tapi mereka selalu kasih argument yang betul-betul rasional,” lanjut Rocky.