Makassar Terkini
Masuk

Rizal Ramli Tanggapi Penolakan Jokowi Terkait Usulan TNI Aktif Masuk Pemerintahan: Gitu dong Berdiri di Garis Demokratis

Terkini.id, Jakarta – Ekonom Senior, Rizal Ramli menanggapi mengenai sikap Presiden Jokowi yang tolak usulan TNI aktif masuk pemerintahan.

Dalam hal ini, Rizal Ramli memuji sikap Presiden Jokowi yang berani menolak usulan itu, dia menyampaikan sudah seharusnya Presiden berdiri di garis demokratis.

“Boleh juga Mas @jokowi. Gitu dong berdiri di garis demokratis”, kata Rizal Ramli, dikutip dari cuitannya, Kamis 11 Agustus 2022.

Menurut Rizal Ramli, sikap penolakan Presiden Jokowi ini bisa jadi akan melemahkan sistem otoriter yang ada di negeri ini.

Dia berpendapat jika penolakan usulan semacam ini jangan hanya berlaku untuk TNI saja tetapi semestinya juga diberlakukan untuk Polri.

“Jangan perkuat lagi sistem otoriter. Juga harus berlaku untuk Polri, tidak hanya TNI ! OJO KESUSU PUNG..!”, ujar Rizal Ramli.

Diwartakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan sikap terkait dengan usulan anggota TNI aktif masuk pemerintahan.

Presiden Jokowi menolak usulan tersebut dikarenakan menurutnya belum ada yang mendesak secara kebutuhan.

“Ya saya melihat masih kebutuhannya sata lihat belum mendesak”, kata Presiden Jokowi.

Usulan TNI aktif boleh masuk pemerintahan ini awalnya digagas oleh Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengusulkan dalam perubahan UU TNI nantinya dapat memuat aturan yang memperbolehkan anggota TNI aktif dapat bertugas di pemerintahan dan lembaga.

“Undang-undang TNI itu sebenarnya ada satu hal yang perlu sejak saya Menko Polhukam, bahwa TNI ditugaskan di kementerian/lembaga atas permintaan dari institusi tersebut atas persetujuan Presiden”, Kata Luhut Binsar Pandjaitan.