Rasis! Ruhut Sitompul Unggah Gambar Editan Anies Baswedan Pakai Baju Adat Papua

Terkini.id, Jakarta – Ruhut Sitompul kembali menjadi bahan perbincangan publik dalam dunia media sosial. Kali ini Ruhut Sitompul kembali melancarkan serangannya kepada orang nomor satu di Jakarta, Anies Baswedan.

Dilansir dari hops.id, Kamis 12 Mei 2022, diketahui bahwa Ruhut Sitompul telah mengunggah foto Anies Baswedan yang di edit seolah-olah Gubernur DKI Jakarta tersebut sedang memakai baju adat asal Papua yaitu koteka.

Tidak hanya itu, ia memberi keterangan foto tersebut menggunakan bahasa Betawi dalam akun Twitter pribadinya (@ruhutsitompul) pada Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga: Sindir Anies Baswedan Akan Sampaikan Pidato Kebangsaan 17 Agustus, Ferdinand...

“Ha ha ha kata orang Betawi usahe ngeri X Sip deh,” tulis Ruhut Sitompul dalam akun Twitter miliknya, dikutip dari hops.id, Kamis 12 Mei 2022.

Akibat dari perbuatannya tersebut nama Ruhut Sitompul langsung menjadi trending topik di Twitter dengan keterangan #RuhutLanggarUUITE.

Baca Juga: Dijadwalkan Pidato Kebangsaan di Puncak JMF 2022, Anies Akan Serahkan...

Salah satu tokoh dari Nahdlatul Ulama (NU) yang bernama Gus Umar Hasibuan mengecam tindakan yang dilakukan oleh Ruhut Sitompul tersebut.

Melalui media sosial pribadinya, Gus Umar Hasibuan mengatakan bahwa kebencian Ruhut Sitompul terhadap Anies Baswedan sudah kelewat batas.

Ia juga bahkan menganggap Ruhut Sitompul telah menyebarkan hoax dan menghina fisik Anies Baswedan

Baca Juga: Dijadwalkan Pidato Kebangsaan di Puncak JMF 2022, Anies Akan Serahkan...

“Ruhut ini sdh kelewat batas hina anies. Kebencian nya ke anies sampai sebar hoax dan hina anies secara fisik,” tutur Gus Umar dalam akun Twitter miliknya (@UmarHasibuan___), dikutip dari hops.id, Kamis 12 Mei 2022.

Selain tokoh agama, beberapa netizen Indonesia juga memberikan kecamannya terhadap Ruhut Sitompul.

Akun @DarkNig87 menuliskan bahwa tindakan Ruhut Sitompul sudah termasuk dalam kategori rasisme.

“Ini dah rasis yaa, Ngapain sebut2 orang betawi,” kata akun @DarkNig87, dikutip dari hops.id, Kamis 12 Mei 2022.

Netizen berikutnya menganggap Ruhut Sitompul telah menghina baju adat Papua.

“Menghina baju adat papua nih buat bahan lelucon??,” tanya akun @Chroomatic, dikutip dari hops.id, Kamis 12 Mei 2022.

“Yg ngaku pembela NKRI dan Pancasilais ternyata RASIS!!! Saudara papua bkn utk bahan lelucon,” tutur akun @djokopr1969, dikutip dari hops.id, Kamis 12 Mei 2022.

Bagikan