Makassar Terkini
Masuk

Sahabat Bonto Lojong Bersama Warga Desa Ujung Bulu Arak Bendera Sepanjang 77 Meter

Terkini id, Jeneponto – Sahabat Bonto Lojong bersama ratusan warga Desa Ujung Bulu Kecamatan Rumbia, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan arak bendera merah putih sepanjang 77 meter ke Agrowisata Bonto Lojong, Senin, 15 Agustus 2022.

Kirab bendera terpanjang di Jeneponto bahkan di Sulawesi Selatan ini merupakan rangkaian dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT ke -77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan berlangsung di Agrowisata Bonto Lojong.

“Kita bersama-sama seluruh masyarakat di Desa Ujung Bulu laksanakan kirab bendera merah putih yang panjangnya sesuai dengan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2022 ini ke Agrowisata Wisata Bonto Lonjong,” kata Penanggungjawab kegiatan Ruslan Rabatini.

Menurutnya untuk sampai ke Agrowisata Bonto Lojong, bendera sepanjang 77 meter dengan lebar 3 meter itu di arak sejauh kurang lebih 6 kilometer.

“Kita start di kediaman Kepala Desa Ujung Bulu, menyusuri jalan sejauh kurang lebih 6 kilometer,” jelas Ruslan.

Bendera merah putih terpanjang di Jeneponto itu diarak oleh ratusan sahabat Bonto Lojong bersama masyarakat Desa Ujung Bulu sebagai bentuk kecintaan terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

“Alhmadulilah dengan semangat membara dari sahabat Bonto Lojong dan masyarakat, bendera sepanjang 77 meter itu sampai di agrowisata Bonto Lojong, kegiatan itu merupakan moment dalam menyemarakkan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Kepala Desa Ujung Bulu, Mansyur.

Mansyur menyampaikan rasa bangganya kepada sahabat Bonto Lojong dan masyarakat Desa Ujung Bulu yang memiliki semangat nasionalisme dalam mengarak bendera merah putih terpanjang di Jeneponto itu. 

“Semangat masyarakat dalam mengarak bendera merah putih terpanjang itu sebagai bentuk kebanggaan terhadap perjuangan pahlawan dan wujud kecintaan terhadap Republik Indonesia,” ujarnya.

Kirab bendera merah putih terpanjang yang diarak menuju agrowisata Bonto Lojong menurut Mansyur, merupakan bentuk masyarakat dalam menghargai jasa para pahlawan Indonesia dalam perjuangan mereka untuk memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia.

“Ini salah satu wujud cinta kita kepada para pejuang kita terlebih dahulu, mereka telah mempertaruhkan nyawanya dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, dan wujud kecintaan kita kepada bendera merah putih yang telah kita arak dengan rasa penuh semangat,” tutup Mansyur.

Dimana pada tanggal 17 Agustus 2022, para sahabat Bonto Lonong dan masyarakat Desa Ujung Bulu akan melaksanakan upacara peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Agrowisata Bonto Lojong.