Sambil Diperiksa, Polisi Umumkan Penahanan Eggi Sujana

Terkini.id, Jakarta – Setelah ditetapkan tersangka makar oleh kepolisian, Eggi Sudjana kini resmi ditahan oleh Polda Metro Jaya, Selasa 14 Mei 2019.

Surat pemberitahuan penangkapan tersebut dibacakan penyidik saat Eggi diperiksa. Eggi sendiri saat ini masih diperiksa di Polda Metro Jaya.

“Ini merupakan bagian dari teknis dan taktik penyidikan,” cetus Hibnu.

Sementara, pengacara Eggi Sudjana, Pitra Romadoni, menyebut kliennya itu mendapat surat penangkapan dari penyidik saat sedang menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya.

Pitra menyebut Eggi tidak boleh meninggalkan Polda Metro Jaya selama 1 x 24 jam terhitung sejak hari ini.

“Terhadap penangkapan Eggi Sudjana sangat aneh. Saat ini beliau belum diperbolehkan pulang sejak dibacakan (diberi) surat penangkapannya oleh petugas kepolisian,” kata Pitra.

Pasal 1 ayat 20 KUHP tersebut menyatakan sebagai berikut:

Penangkapan adalah suatu tindakan penyidik berupa pengekangan sementara waktu kebebasan tersangka atau terdakwa apabila terdapat cukup bukti guna kepentingan penyidikan atau penuntutan dan atau peradilan dalam hal serta menurut cara yang diatur dalam undang-undang ini.

Adapun Pasal 18 ayat 1 berbunyi:

Pelaksanaan tugas penangkapan dilakukan oleh petugas kepolisian negara Republik Indonesia dengan memperlihatkan surat tugas serta memberikan kepada tersangka surat perintah penangkapan yang mencantumkan identitas tersangka dan menyebutkan alasan penangkapan serta uraian singkat perkara kejahatan yang dipersangkakan serta tempat ia diperiksa.

Berita Terkait
Komentar
Terkini