Masuk

Sambil Ikut Vaksin, Pelaku UMKM Terima Sertifikat Tanah dari Pemkot Palopo

Komentar

Terkini.id, Palopo – Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Koperasi dan UKM menyerahkan sertifikat tanah bagi pelaku UMKM di Tribun Lapangan Pancasila, Rabu 2 Maret 2022. Kegiatan ini dirangkaikan dengan vaksinasi Covid-19. 

Wali Kota Palopo, Drs HM Judas Amir MH. Menyerahkan Sebanyak 225 sertifikat hak milik. Menurut Kadis Koperasi dan UKM Palopo, Asmunadi Budi, kegiatan hari ini merupakan salah satu program nasional yakni percepatan vaksinasi bagi warga penerima seritifikat dan masyarakat umum untuk vaksi dosis 1, 2, dan booster. 

Melalui program ini, pelaku UMKM yang butuh tambahan modal usaha dapat menjadikan sertifikat yang mereka terima secara gratis, sebagai agunan untuk mengambil kredit. 

Baca Juga: Ade Candra Wakili Wali Kota Palopo Hadiri Mukerda DPD Wahdah Islamiyah

“Bapak Wali Kota sudah pikirkan semua. Bagaimana masyarakat, khususnya pelaku usaha mikro, dibantu mendapatkan sertifikat secara gratis,” kata Asmunadi. 

Adapun 225 sertifikat yang diserahkan merupakan program tahun 2021, yang diserahkan pada tahun 2022. Kenapa lama, karena proses pensertifikatan butuh waktu, mulai proses pendaftaran, pengukuran, dan lainnya. 

Tahun sebelumnya, Pemkot Palopo juga menyerahkan 186 persil sertifikat gartis kepada pelaku UMKM. 

Baca Juga: Sekolah Islam Al Azhar Bakal Hadir di Palopo, Wali Kota Tandatangani MoU di Jakarta

Seorang warga Kelurahan Padang Lambe yang dimintai tanggapannya, mengatakan, ia senang sekali mendapat seetifikat gratis dari Pemkot. Ia memiliki tanah di kawasan wisata Batu Papan Padang Lambe. 

Saat ini, pedagang tersebut membuka lapak jualan barang campuran dan sewa ban di permandian alam Batu Papan. Sertifikat yang diterima, akan dipakai ambil kredit untuk pengembangan usaha.