Sambut Hari Sumpah Pemuda, Sanggar Seni Budaya Dampang Marana Gelar Kemah Budaya

Sumpah Pemuda di Maros
Sambut Hari Sumpah Pemuda, Sanggar Seni Budaya Dampang Marana Gelar Kemah Budaya

Terkini.id, Maros – Menyambut Hari Sumpah Pemuda, Sanggar Seni dan Budaya Dampang Marana di Kabupaten Maros, menggelar kegiatan kemah budaya kaum muda, Jumat, 25 Oktober 2019.

Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga Senin, 28 Oktober 2019 mendatang pada momen peringatan hari sumpah pemuda.

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Karang Taruna Desa Marannu, komunitas Sanggar Seni Dampak Marana dan BPCB Sulsel.

Menariknya, kegiatan yang baru kali pertama digelar oleh Sanggar Seni Dampang Marana ini menghadirkan pertunjukan kolaborasi antara Maestro Gendang, Serang Dakko, Maestro Keso Keso, Sarifuddin Daeng Tutu, pelukis tanah liat, Zaenal Beta, seniman Yusri Yusuf dari lembaga rumah kecapi, dan pelanjut tradisi musik kecapi, Azisah.

Mereka pun berkolaborasi memainkan peran masing-masing. Dimana sang maestro gendang menabuh gendangnya diikuti petikan kecapi.

Sedangkan si pelukis dari tanah lihat dengan lincahnya melukis dengan media tanah liat. Ia melukis para pemain yang bermain di atas panggung.

Alhasil, pertunjukan ini pun sangat memukau warga sekitar yang datang menonton kegiatan Kemah Budaya Kaum Muda yang mengangkat tema “Menjawab Tantangan Pemajuan Kebudayaan Dalam Gerak Tutur Nada dan Coretan ini”.

Ketua Panitia Pelaksana Nurholis mengatakan, kegiatan kemah budaya ini merupakan inisiasi kaum muda Marannu. Dia mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 75 orang.

Sedangkan penggagas kegiatan, Muhammad Ramli mengatakan, kegiatan ini murni digelar atas inisiasi komunitas Sanggar Seni Dampang Marana.

“Kegiatan ini murni terselenggara atas swadaya dan gotong royong komunitas serta masyarakat. Tak ada bantuan atau partisipasi pemerintah desa setempat,” kata Ramli.

Dalam kegiatan ini turut berpartisipasi BPCB Sulsel melalui kegiatan pemutaran film bioskop keliling.

Adapun rangkaian kegiatan yang akan dilangsungkan selama tiga hari ini yakni Dialog Budaya, Workshop, Pentas Seni, dan Pemutaran Bioskop Keliling.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Ansharullah mewakili Wakil Bupati Maros. Juga tampak hadir Wakil Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam.

Berita Terkait
Komentar
Terkini