Sambut Ramadan, Dinkes Makassar Sidak Takjil di Pasar Terong

Dinkes Makassar Sidak Takjil Buka Puasa Pasar Terong

Terkini.id,Makassar – Ramadan pun telah tiba, pasti banyak yang menanti makanan-makanan enak untuk berbuka puasa atau yang kita sebut takjil.

Mengantisipasi adanya jajanan takjil mengandung bahan kimia berbahaya, Dinas Kesehatan Kota Makassar melakukan inspeksi mendadak (Sidak) takjil berbuka puasa di Pasar Terong Makassar. Hasilnya tak ada lagi pedagang nakal yang berani menjual takjilnya menggunakan formalin.

Saat pelaksanaan Sidak, petugas langsung melakukan uji lapangan di tempat pedagang takjil buka puasa.

“Kita memang rutin turun sebelum Ramadan. Hari ini kita mulai lagi turun awal Ramadan untuk memastikan takjil masyarakat aman dari bahan kimia. Alhamdullilah hasilnya tak satupun hari ini di Pasar Terong mengandung formalin atau rodamin,” kata Dinas Kesehatan Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin, Senin 6 Mei 2019.

Naisyah mengatakan pemeriksaan dilakukan mulai dari cendol, kolang kaling, hingga biji mutiara. Hal ini mengingat takjil tersebut kerap memiliki kandungan formalin dan pewarna pakaian.

“Semua aman tadi berdasarkan uji ini. Tapi kita tidak puas di situ, kita turun setiap hari dilanjutkan juga Puskesmas setempat,” jelasnya.

Iapun berharap pedagang takjil buka puasa di Makassar tidak lagi merugikan konsumen dengan menjual takjil berformalin demi keuntungan. Dinkes Makassar mengancam akan memberi sanksi tegas dan menyita takjil yang mengandung bahan kimia.

“Kita tegas sekarang,  tahun lalu saja kita temukan berformalin kita sita. Mungkin dia belajar dari situ tidak mau rugi lagi,” tutupnya.

Usai mengelar sidak di Pasar Terong Makassar. Petugas kemudian melanjutkan memantau makanan disejumlah pasar modern di Makassar.

Berita Terkait