Sosialisasi Kearsipan, Sittiara Paparkan Pentingnya Arsip Bagi Kelembagaan

Asisten II Pemerintah Kota Makassar, Sittiara Kinang

Terkini.id, Makassar – Dinas Kearsipan Kota Makassar menggelar Sosialisasi Kearsipan Pada Organisasi Masyarakat dan Organisasi Politik. Kegiatan berlangsung di Hotel Aerotel Smile, Jalan Muchtar Lutfi, Makassar, Rabu, 16 Oktober 2019.

Asisten II Pemerintah Kota Makassar, Sittiara Kinang mengapresiasi langkah yang diambil oleh Dinas Kearsipan. Dia menilai, arsip memiliki peran  penting bagi lembaga, termasuk organisasi masyarakat dan organisasi politik.

“Ingatan organisasi, lembaga itu ada di arsip. Meski di era digital seperti sekarang, persoalan arsip tidak boleh disepelekan. Sudah tepat apa yang dilakukan Dinas Kearsipan menggelar sosialisasi ini, sangat penting bagi organisasi,” ungkap Sittiara.

Dia mengatakan arsip pun berperan sebagai alat pembuktian otentik yang dijadikan dasar pengambilan keputusan.

“Jadi dengan begitu aktifitas organisasi dan kerja-kerja organisasi akan berjalan dengan lancar,” ujar dia.

Menurut Sittiara, arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga yang menggunakan sumber dana dari negara wajib dirawat. Sebab, kata dia, arsip tersebut adalah milik negara.

“Parpol dan Ormas yang mendapatkan bantuan APBD atau APBN, wajib mengelola arsip dan harus dipertanggungjawabkan karena dia adalah arsip milik negara,” kata dia.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri 150 peserta, mereka berasal dari perwakilan organisasi masyarakat dan partai politik yang ada di Makassar.

Hadir sebagai narasumber perwakilan Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sulawesi Selatan, Hamdani Hambali dan Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemkot Makassar, Ahmad Namsum.

Berita Terkait
Komentar
Terkini