Satu Orang Tewas dalam Kebakaran Kilang Minyak Balikpapan Pertamina

Terkini.id, Jakarta – Satu orang dinyatakan tewas dalam peristiwa kebakaran yang terjadi di kilang minyak Pertamina yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Minggu, 15 Mei 2022. Korban adalah pekerja kontraktor yang pada saat kejadian berada di lokasi kebakaran yaitu Plant 5, bersama 5 korban selamat.

“Satu orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor,” ujar Manager Comm Rel & CSR Refinery Unit VI Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional Ely Chandra kepada detikcom, dikutip pada Senin, 16 Mei 2022.

Dilansir dari detik.com, dari 5 korban selamat, tiga diantaranya mengalami luka akar dan dua lainnya hanya terpapar panas api dai bahan yang terbakar.

Baca Juga: 51 Orang di Iran Dijatuhi Hukuman Rajam Hingga Tewas Akibat...

“Terdapat tiga orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan, dua orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik dan telah kembali ke rumah masing-masing,” jelasnya.

Sementara itu, GM Kilang Balikpapan Wahyu Sulistyo Wibowo mengungkapkan rasa belasungkawa yang mendalam atas meninggal korban.

Baca Juga: Gudang Penyimpanan Material Bingkai dan Plafon Ludes Terbakar di Makassar

Permohonan maaf juga ia sampaikan kepada keluarga korban bahwa korban tidak dapat diselamatkan meski sudah dilakukan upaya yang maksimal.

“Musibah ini menimbulkan keprihatinan kepada Pertamina. Namun kami akan memastikan penanganan akan dilaksanakan semaksimal mungkin kepada semua korban,” jelas Wahyu.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, saat ini Plant 5 yang menghasilkan bahan baku gasoline ini, dihentikan operasionalnya untuk sementara waktu.

Baca Juga: Gudang Penyimpanan Material Bingkai dan Plafon Ludes Terbakar di Makassar

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan.

Sebagai informasi, kebakaran ini terjadi pada Minggu, 15 Mei 2022 pukul 11.00 Wita. Sebelumnya, korban sempat dilaporkan terjebak. Namun, ternyata terungkap korban meninggal dunia.

Bagikan