Sebelum Melaksanakan PKL, Mahasiswa Polbangtan Gowa Ikuti Pembekalan

Pembekalan PKL II yang akan diadakan di 8 kabupaten di Sulawesi Selatan ditambah Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat.

Dalam rangka mewujudkan pertanian yang maju, mandiri dan modern, maka diperlukan upaya peningkatan produksi dan produktivitas komoditi unggulan. Upaya yang perlu dilakukan antara lain peningkatan sumberdaya manusia yang bergerak di bidang pertanian terutama generasi muda, pemuda tani, dan kelompok tani/gapoktan. Upaya lainnya adalah dengan melakukan perbaharuan pembangunan pertanian kecamatan melalui peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP).

Sebagai wujud dalam mendukung kegiatan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (KOSTRATANI) yang dicanangkan Mentan Syahrul Yasin Limpo dan sebagai bagian gerakan pembangunan pertanian di BPP, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melalui pelaksanaan kegiatan pendampingan wilayah perbatasan di integrasikan Praktik Kerja Lapangan (PKL) II mahasiswa semester VI Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa.

Pembekalan PKL II yang akan diadakan di 8 kabupaten di Sulawesi Selatan ditambah Kabupaten Sambas di Kalimantan Barat, secara langsung dibuka oleh Direktur I Polbangtan Gowa Dr. Ir. Syaifuddin, MP didampingi Wakil Direktur I Bidang Akademik dan Kerjasama dan Kepala UPPM bertempat di Aula Syekh Yusuf. Kegiatan dihadiri mahasiswa semester VI dari jurusan pertanian dan jurusan peternakan. Minggu (08/03).

Dr. Syaifuddin dalam arahannya menyampaikan program-program utama dari kementan yang nantinya disinergikan dengan kegiatan mahasiswa dilapangan. Program tersebut diantaranya Kostratani, penciptaan petani milenial sebanyak 2,5 juta dikarenakan berkurangnya petani setiap tahun 500 ribu orang dan pertanian masuk sekolah. Selain itu, Gratieks, GedorHorti, Propaktani, Grasida dan Sikomandan juga menjadi program utama kementan saat ini.

Raport merupakan hal pertama yang sebaiknya dilakukan mahasiswa adalah bisa menciptakan suasana yang menyenangkan bersama petani. Selanjutnya identifikasi yang terjadi ditingkat petani kemudian buat skala prioritas, sehingga memudahlan mahasiswa dalam membuta jadwal dalam mengerjakan tugasnya.

Mahasiswa juga diharapkan nantinya bisa meningkatkan pengetahuan, keterampilan maupun sikap mahasiswa dalam menganalisa permasalahan pada kelompok tani/gabungan kelompok tani dan meningkatkan kemampuan dalam menyusun dan merencanakan kegiatan penyuluhan secara partisipatif dan menumbuhkan jiwa profesional,” ungkapnya.

Diakhir arahannya, Direktur Polbangtan Gowa ini menitipkan pesan untuk selalu menjaga nama baik almamater , menjaga kekompakan sesama mahasiswa dan tak kalan pentingnya selalu menjaga kesehatan, sehingga kegiatan PKL secara keseluruhan bisa dilaksanakan secara maksimal,” tutupnya.

Untuk Lokasi kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) II mahasiswa Semester VI telah ditetapkan Oleh panitia yang sebelumnya telah di survei pada calon lokasi yang memenuhi persyaratan. Selanjutnya mahasiswa akan ditempatkan pada 8 kabupaten di Sulawesi Selatan antara lain Kabupaten Pangkep, Barru, Sidrap, Soppeng, Bone, Toraja, Toraja Utara dan Enrekang. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 3 Bulan Maret sampai Juni 2020. (MUZ).

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

BEM FSD UNM Salurkan Bantuan Sembako dan APD Untuk Mahasiswa dari Luar Makassar

1.569 Peserta SNMPTN 2020 Lulus di Unhas, Nama yang Lulus Diumumkan Hari Ini

Direktur Polbangtan Gowa Beri Bantuan Untuk THL dan Cleaning Service: Ini Amanah Mentan SYL

Pandemi COVID-19, Seluruh Aktifitas Akademik Dialihkan Ke Smartphone dan Notebook

Bahas Covid-19, Alumni LK2 HMI Korkom UMI Gelar Diskusi Online

Lewat Aplikasi Zoom, Mahasiswa UNM Ini Ujian Seminar Hasil Secara Online

Pantau WFH, Direktur Polbangtan Gowa Sampaikan Pesan Mentan SYL

Pertanian Tidak Berhenti, Petani Tana Toraja Tetap “Mangngarak Ta’nak Na Mantanan”

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar