Masuk

Serial Narco-Saints dianggap Menyesatkan, Pemerintah Suriname Ambil Tindakan Hukum

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Serial yang memiliki enam episode ini tayang pada 9 September di Netflix yang berjudul Narco-Saints kini tengah menjadi perdebatan terkait diplomatik Korea Selatan dengan negara Amerika Latin Suriname.

Narco-Saint disebut sebut memberikan gambaran akan negara yang menyesatkan.Pemerintah Suriname pun tidak ambil diam akan melakukan tindakan hukum terhadap produser serial tersebut.

Serial ini menggambarkan tentang negaranya sebagai pusat perdagangan narkoba dan menempatkan negaranya pada posisi yang kurang menguntungkan.

Baca Juga: Bintang Drama Korea Son Ye-Jin dan Hyun Bin Menyambut Anak Pertama Mereka

Pernyataan yang dirilis di situs web pemerintah beberapa waktu lalu, “Suriname tidak lagi memiliki citra seperti yang muncul dalam serial itu atau tidak lagi berpartisipasi dalam praktik semacam ini,” kata Menteri Luar Negeri 

Serial Korea yang dibintangi Ha Jung-woo, Park He-soo,dan Hwang Jung-min, Albert Ramdin menyatakan Suriname sudah berusaha memberantas praktik kriminal yang telah digambarkan serial tersebut.

Ramdin selaku pemerintah Suriname juga akan mengirimkan surat protes kepada duta besar AS di Suriname karena telah mendukung serial tersebut di Netflix dan akan mempertimbangkan mengambil tindakan hukum terhadap produser serial tersebut terkait pencemaran nama baik.

Baca Juga: Lima Fakta Ibu Negara Korea Selatan Kim Keon Hee yang Jadi Sorotan Publik

“Kami memahami komunitas Korea di Suriname merasa malu karena kemungkinan dampak dari serial Netflix, Narco-Saints,” tulis kedutaan besar Korea di Venezuela.

“Kami, staf kedutaan, sangat prihatin dengan keselamatan warga Korea dan akan melakukan yang terbaik untuk menjaga Anda tetap aman,”tulis pernyataan tersebut yang diunggah  di laman webnya.

“Harap waspada setiap saat … Jika ada yang memiliki masalah yang menimbulkan kekhawatiran atau memerlukan bantuan, silahkan hubungi kami melalui presiden komunitas Korea di wilayah tersebut,” tulis unggahan itu.

Setelah Amerika Latin memperoleh kemerdekaan dari Belanda. Korea dan Suriname berhubungan terkait diplomatik pada 1975, Pada tahun 1993 Kedutaan Besar Korea di Suriname mengundurkan diri dan menyerahkan tugasnya kepada Kedutaan Besar di Venezuela.

Baca Juga: Potret Cantik Istri Presiden Korea Selatan Curi Perhatian Warga

Narco-Saints menempati peringkat nomor 3 Serial TV Netflix secara Global, menurut platform analitik streaming Flix Patrol Kamis 15 September 2022.

Serial ini mengisahkan seorang informan sipil bekerja sama bersama Badan Intelijen Nasional Korea  untuk menangkap gembong narkoba Korea yang berasal di Amerika Latin.

Berdasarkan kisah nyata pengedar narkoba Korea yang ditangkap pada 2011, Cho Bong-haeng mengoperasikan organisasi besar besaran di sana dua tahun lalu.(Sumber:CNN Indonesia).