Setelah Sempat Mangkrak, Gedung Rumah Sakit Jumpandang Baru Kembali Dikebut 2021

Rumah Sakit
Kondisi RS Jumpandang Baru/ist.

Terkini.id, Makassar – Pembangunan gedung Rumah Sakit Jumpandang Baru kembali akan dilanjutkan pada tahun 2021 mendatang. 

Setelah sebelumnya sempat mangrak, akhirnya dewan menetapkan alokasi anggaran sebesar 60 miliar untuk merampungkan gedung tersebut.

Anggota Komisi D DPRD Makassar Alhidayat Samsu menuturkan, kehadiran Rumah Sakit tipe C ini diharapkan dapat menampung rujukan dari Puskesmas atau pelayanan tingkat dasar. 

Pasalnya, pasien yang akan dirujuk tidak bisa langsung ke RS dengan pelayanan tipe B.

“Kita harapkan dengan adanya Rumah Sakit tipe C ini dapat melayani langsung rujukan-rujukan dari pelayanan dasar,” kata Alhidayat, Selasa, 24 November 2020.

Menarik untuk Anda:

Ia menyampaikan banyak keluhan dari masyarakat pada saat akan dirujuk ke RS. Namun, kata dia, rujukan tersebut ke RS tipe C.

“Tidak bisa langsung ke tipe B seperti RSUD Labuang Baji, RSUD Haji Makasaar, dan RSUD Daya Makassar,” ujarnya

Sementara, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Agus Djaja Said mengatakan, pembangunan RS tersebut diperkirakan menelan anggaran hingga 60 miliar.

“Kalau ini (Jumpandang Baru) pembangunannya sudah bagus. Alokasi anggaran 60 Miliar,” ungkap Agus.

“Setelah selesai pembangunannya di 2021 ini, yah paling tidak dia menjadi rumah sakit tipe C kalau sudah lengkap,” tambah Agus.

Jika pembangunan rampung, lanjut Agus, pihaknya akan melengkapi sisa peralatan, termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) dokter untuk menunjang operasionalnya.

“Awalnya persyaratannya itu, banyak tahapan-tahapan. Nanti kan diakreditasi. Mulai dari sarana prasarananya dokternya,” tutupnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gelar Webinar Nasional, El-Hummasa Bahas Peran Desa Sebagai Miniatur Negara

BPBD Makassar Terjunkan Personel dan Distribusikan Bantuan akibat Gempa Sulbar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar