Makassar Terkini
Masuk

Singapura Nilai Indonesia Tepat Sikapi Insiden UAS

Terkini.id, Jakarta – Respon kembali dilayangkan oleh Singapura perihal kasus Ustaz Abdul Somad (UAS) yang ditolak masuk ke negeri Singa tersebut. Singapura menilai Indonesia telah menyikapi insiden UAS ini dengan tepat.

K Shanmugam selaku Menteri Dalam Negeri dan Hukum Singapura mengungkapkan bahwa Indonesia telah memberikan respon yang sangat tepat dalam menyikapi kasus UAS yang ditolak masuk oleh imigrasi Singapura.

Singapura pun juga bersyukur ternyata banyak masyarakat Indonesia yang membela Singapura dan tidak setuju dengan narasi serta klaim yang diungkapkan oleh UAS dalam kasusnya ditolak masuk ke Singapura.

Shanmugam juga membeberkan tiga hal penting dalam merespon insiden UAS ini.

“Sikap Indonesia sudah sangat tepat. Indonesia menerima masalah ini sebagai hak mutlak Singapura untuk menerima siapa saja yang boleh masuk ke Singapura. Ini seperti Indonesia memutuskan siapa saja yang boleh masuk ke Indonesia,” ujar Menteri Dalam Negeri Singapura tersebut dalam keterangan yang diposting laman Kementerian Dalam Negeri dilansir Hops.id, Selasa 24 Mei 2022.

Menurut Shanmugam, Indonesia memberikan respon tepat yang artinya menghormati kedaulatan negara, dimana setiap negara memiliki hak untuk menentukan dan memilah orang-orang yang boleh masuk ke wilayahnya.

“Jadi pemerintah Indonesia sangat tepat dalam hal ini,” ujar Menteri Singapura tersebut.

Singapura juga menggarisbawahi bahwa dalam kasus UAS ini, tidak semua masyarakat Indonesia berada di belakang UAS.

“Mayoritas orang Indonesia, menurut kami sih banyak yang tahu kok apa yang sedang dilakukan Somad dan pendukungnya apa yang sebenarnya mereka lakukan,” jelasnya.

Untuk poin terakhir, Shanmugam mencermati tanggapan UAS dan para pendukungnya yang mengklaim bahwa Singapura adalah wilayah leluhur mereka. Menurut mereka Singapura adalah bagian dari Tanah Melayu.

Namun Shanmugam bersyukur banyak masyarakat Indonesia yang menolah klaim yang dilontarkan UAS dan pendukungnya tersebut.

“Saya bersyukur, banyak orang Indonesia baik itu para pejabat dan orang yang berkomentar menolak klaim UAS ini dan pilih membela Singapura. Mereka ini tahu tudingan kepada Singapura itu salah,” imbuhnya.