Kelakar UAS: Jangan Nikah Sama Perempuan Terlalu Cantik, Nanti Dituduh Pelet

Terkini.id, Jakarta – Dalam sebuah ceramahnya, Ustaz Abdul Somad (UAS) memberi nasihat bernada kelakar bahwa sebaiknya laki-laki jangan menikahi perempuan yang terlalu cantik sebab nanti akan dituduh melakukan pelet.

Ceramah UAS itu dapat dilihat dalam sebuah video berjudul ‘Ust Abdul Somad || Fit Proper Test, Baru Menikah, Jangan Terlalu Cantik, Jangan Terlalu Jelek’ yang tayang di kanal YouTube Trending Video pada 17 Oktober 2017.

Awalnya, UAS memberikan nasihat terkait langkah-langkah yang harus dilakukan seorang suami apabila terjadi ketidakcocokan dalam rumah tangga, misalnya karena istri tidak menurut.

Baca Juga: UAS Sempat Ngamuk Soal Dana Haji tapi Kini Diam, Pengaruh...

Lima langkah yang UAS sebut yakni; pertama, menasehati istri tersebut. Kedua, pisah tempat tidur. 

Ketiga, memukul istri. Namun, UAS menekankan bahwa langkah kegiga ini tak boleh dilakukan sebab termasuk Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT).

Baca Juga: Sebut UAS dan HRS Harus Dibela, Rektor Ini Kutip Hadis:...

Keempat, memanggil pihak keluarga dari pihak istri dan suami untuk melakukan mediasi.

Jika langkah keempat di atas tidak juga mempan, maka barulah boleh dijatuhkan talak pertama kepada istri. 

Akan tetapi, UAS mengatakan bahwa talak itu jangan sampai terjadi. Oleh sebab itu, ia menyarankan agar melakukan fit and proper test dengan baik sebelum menikah.

Baca Juga: Sindir UAS, Husin Shihab: Ustadz yang Murtad dari Ajaran Al-Qur’an

UAS berkelakar bahwa tidak perlulah menikahi perempuan yang terlalu cantik sebab nanti akan dituduh melakukan pelet. 

Menurut UAS, sebaikanya menikahi perempuan yang sedang-sedang saja, yang jilbabnya panjang, dan tidak banyak memakai riasan wajah.

“Saya nasihati ke mahasiswa-mahasiswa saya, kalian cari istri jangan terlalu cantik, nanti orang nuduh kalian pakai pelet,” kata UAS disambut tawa keras dari jemaah.

“Jangan terlalu buruk, nanti malu kalian bawanya undangan. Yang sedang-sedang saja. Jilbabnya panjang, tak terlalu banyak pakai make up, orangnya penuh kesederhanaan,” lanjutnya.

Bagikan