Makassar Terkini
Masuk

Situs Tandingan Prakerja Muncul, Video Pelatihannya Gratis!

Terkini.id, Jakarta – Program Kartu Prakerja pemerintah terus mendapat sorotan lantaran dinilai menghabiskan anggaran negara. Sementara, video pelatihan-pelatihan berbayar yang dibeli dengan uang negara banyak yang mirip dengan video tutorial di youtube.

Setelah berbagai kritikan, kali ini muncul situs tandingan prakerja.go.id yakni prakerja.org.

Mengutip laman resminya disebutkan pelatihan-pelatihan yang diberikan tanpa biaya alias gratis.
Kemudian, kualitas pelatihannya bersaing dengan pelatihan berbayar. Selanjutnya prakerja.org membuka semua pihak berkontribusi memberikan pelatihan gratis.

“Prakerja.org merupakan bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu praKerja. Lihat manifesto lengkap kami. Anda bisa bergabung dalam aksi nyata dengan menghubungi kami di [email protected],” tulis pengumuman tersebut, dikutip Senin 18 Mei 2020.

Disebutkan pula seluruh informasi yang ada di prakerja.org bersifat pendidikan dan bukan untuk keperluan komersial. Pemegang hak atas kekayaan intelektual seluruh konten pendidikan dalam prakerja.org ini adalah milik masing-masing pencipta konten.

Oleh karena itu jika da pihak yang keberatan kontennya di-publish diminta untuk menghubungi pihak prakerja.org. Prakerja.org juga tidak mengutip biaya apapun dan tidak menarik keuntungan komersial. Situs ini juga tidak memberikan insentif apapun kepada pihak manapun terkait konten yang dipublikasikan.

“Apabila terjadi pendapatan untuk prakerja.org seperti iklan, donasi atau pendapatan lain akan digunakan untuk operasional,” tulisnya.