Masuk

Soal Penggunaan Speaker Masjid, Habib Abubakar Assegaf: Haram Jika Ganggu Aktivitas Orang Lain

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Habib Abubakar Assegaf memberikan penjelasannya soal penggunaan speaker masjid untuk kegiatan peribadahan.

Adapun hal tersebut ia sampaikan untuk menanggapi cuitan netizen yang merasa terganggu dengan penggunaan speaker/toa masjid.

Dilansir terkini.id dari Twitter pada Jumat, 23 April 2021, seorang netizen dengan akun Senjatakunyit tampak dilema untuk protes atau melapor terkait penggunaan speaker masjid. 

Baca Juga: Jadi Kontroversi, Gus Umar Kritik Menag Yaqut: Kenapa Menag Merasa Terganggu Dengan Suara Adzan Toa Masjid?

Untuk itu, ia pun meminta penjelasan soal hukum penggunaan speaker masjid untuk peribadahan.

Habib Abubakar Assegaf lantas menegaskan bahwa kegiatan ibadah haram hukumnya jikalau sudah sampai mengganggu orang lain.

“Kegiatan ibadah tidak boleh/haram jika mengganggu aktifitas org lain, mungkin ada yang sakit atau bayi yang lagi tidur, ibu-ibu yang istirahat untuk mempersiapkan sahur,” terang Habib Abubakar Assegaf dalam akun media sosial Twitter-nya. 

Baca Juga: Menohok! Gus Umar Kritik Aturan Penggunaan Toa Masjid: Sejak Indonesia Mardeka, Baru Kali ini Toa Diatur Menag

Lebih lanjut, ia pun turut menyampaikan bahwa seharusnya penggunaan speaker masjid dibatasi.

Habib Abubakar Assegaf mencontohkan setelah tarawih, misalnya, seharusnya memakai speaker dalam dan dipelankan.

“Harusnya dibatasi saja, setelah tarawih cukup pakai speaker dalam dan dipelankan sekiranya tidak keluar terdengar sampai ke sekitar masjid.”

Namun, dalam cuitan terbarunya ketika ada yang menyinyiri opininya, berdasarkan pantauan terkini.id, Habib Abubakar kemudian menambahkan penjelasan. 

Baca Juga: Sebut Demi Ketenteraman Bersama, Menteri Agama Keluarkan Peraturan Baru Penggunaan ‘Toa’ Masjid dan Mushala

“Sebenarnya yang saya sampaikan itu soal kegiatan spt tadarrus & soal pembatasan jam, spt dlm riwayat hadits yg menjelaskan Nabi SAW pernah mempersingkat sholatnya krn mendengar suara tangisan bayi,” ungkapnya.

“Dan tentunya maksud saya disini harus adil & berlaku utk semua tempat ibadah lain. Klo dangdutan jelas kemungkaran, ga perlu dibahas lagi mudhorotnya,” pungkas Habib Abubakar Assegaf.

Selain netizen biasa, ternyata belum lama ini artis cantik Zaskia Adya Mecca juga mengaku resah dengan aksi membangunkan sahur lewat pengeras suara atau toa masjid.

Melalui media sosial Instagramnya, Zaskia Adya Mecca mengunggah sebuah video yang merekam aksi seseorang yang membangunkan sahur dari toa masjid dengan berteriak-teriak yang mana menurutnya tidak etis. 

Namun, lantaran unggahannya tersebut, Zaskia justru dinyinyiri netizen sehingga berdasar pantauan terkini.id pada hari Jumat ini, 23 April 2021, tagar “Zaskia Mecca Mabok Toa” jadi trending topic di Twitter.