Makassar Terkini
Masuk

Soroti Program Longwis, Pengamat Sebut Tak Berangkat dari Masyarakat

Terkini.id, Makassar – Pengamat Pemerintah dan Tata Kelola Keuangan Negara Universitas Patria Artha Makassar, Bastian Lubis menyoroti program Lorong Wisata (Longwis) Pemerintah Kota Makassar yang bakal diluncurkan pada Rabu, 17 Agustus 2022 mendatang.

Menurutnya, perlu perencanaan matang terkait dampak yang dihasilkan dari terlaksananya program tersebut. Sehingga tak sekedar menjadi “seremoni publisitas” semata. 

“Yang utama harusnya kita berangkat dari masyarakat, apa yang bisa dirasakan masyarakat,” kata Bastian, Minggu, 7 Agustus 2022.

Menurutnya, tindak lanjut pemerintahan harus menjadi yang lebih dipersiapkan. Sebab, jika hanya berfokus pada peluncuran saja, manfaat tidak akan berlanjut bahkan mengenai masyarakat. 

“Apa yang diingat itu yang dimunculkan, apa dampaknya, apa programnya, apa yang dikejar?” tegasnya.

“Yang utama apa yang akan dilakukan setelah launching, apakah tidak ada tindak lanjutnya, siapa yang evaluasi? Apakah bermanfaat atau tidak, jangan sampai malah tidak berpengaruh secara signifikan,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Makassar, Muhammad Roem mengaku, sejauh ini belum mengetahui proyeksi angka yang akan diberikan pada program ini. 

“Yang pasti ini akan mengerakkan juga masyarakat dibawah, karena di beberapa lorong itu ada kegiatan ekonomi, tentu itu juga yang akan menggerakkan ekonomi dan daya tarik wisata baru,” singkatnya.

Ia menjelaskan sejauh ini persiapan yang dilakukan ialah dengan bekerja sama dengan pihak-pihak ketiga yang turut membantu.

“Kita bekerja sama dengan industri pariwisata, kita bekerja sama dengan ASITA, travel agent dan hotel-hotel, jadi nanti mereka yang mempromosikan lorong-lorong tedekat dengan lokasi mereka,” tutupnya.