Sosialisasi BPJamsostek, Legislator DPR RI Ashabul Kahfi Bahas Pentingnya Kesehatan Pekerja

Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Ashabul Kahfi M. Ag menjadi pembicara dalam Sosialiasi yang digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (BPJamsostek), Senin 9 Maret 2020 di Aula SMK Negeri 5 Makassar, Jalan Sunu, No. 162, Kota Makassar.
Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Ashabul Kahfi M. Ag menjadi pembicara dalam Sosialiasi yang digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (BPJamsostek), Senin 9 Maret 2020 di Aula SMK Negeri 5 Makassar, Jalan Sunu, No. 162, Kota Makassar.

Terkini.id, Makassar – Anggota Komisi IX DPR RI Drs. H. Ashabul Kahfi M. Ag menjadi pembicara dalam Sosialiasi yang digelar oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenaga Kerjaan (BPJamsostek), Senin 9 Maret 2020 di Aula SMK Negeri 5 Makassar, Jalan Sunu, No. 162, Kota Makassar.

 

Kahfi begitu ia disapa, memaparkan Negara sebagai penyelenggara Undang-Undang perlu menjamin atas hak-hak rakyatnya. Seperti kesehatan, pekerjaan, dan tentu kesehatan para pekerja.

“Begini negara itu kan menjamin atas kondisi rakyatnya. Seperti halnya BPJS Kesehatan, BPJS Ketenaga Kerjaan (BPJamsostek) juga adalah jaminan bagi kesehatan pekerja kita,” Jelasnya.

Tetapi di balik jaminan itu, Kahfi melanjutkan, masyarakat juga perlu memahami setiap kewajiban-kewajibannya, yakni iuran tiap bulan yang selalu disosialisaikan itu.

Baca juga:

“Jika Bapak, Ibu peserta Mandiri. Jika kewajiban telah ditunaikan, Bapak atau Ibu keluar rumah rumah menuju kantor misalnya, dan ada apa-apa itu bisa difungsikan BPjamsosteknya,” urainya.

Kahfi lalu menerangkan peserta BPJamsostek dari perusahaan juga diharapkan ikut terbuka dalam pendataan dan kepesertaan pekerjanya.

“Hal yang perlu diapresiasi adalah BPJamsostek ini lembaga yang efisien, buktinya laporannya Surplus. Sekalipun Surplus bukan berarti para peserta baik mandiri maupun ditanggung perusahaan tetap harus terbuka. Tetapi masih ada saja perusahaan yang nakal, tutupi data kepesertaan anggotanya,” pungkasnya.

Hadir dalam Sosialiasi tersebut, Kepala BPJS Ketenaga Kerjaan Kota Makassar, Dodit Isdiyono didampingi Kepala Bidang Kepesertaan BPJS Ketenaga Kerjaan beserta jajaran, juga ratusan peserta yang hadir dari kalangan Bapak dan Ibu rumah tangga.

Komentar

Rekomendasi

Ketua Komisi C DPRD Dukung Proyek Padat Karya Dinas PU, Alasannya?

Legislator Makassar Minta Pemerintah Fokus Benahi Bansos

Cara Anggota DPR RI AMI Support Anak-anak di YKAKI di Tengah Pandemi

Anggota DPR RI AMI Bagi 100 Paket Asupan Gizi Tambahan ke Ibu Hamil

Dinas PU Makassar Paparkan Pengalihan Anggaran Penanganan Covid-19 ke DPRD

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar