Suprigandi, Penyandang Disabilitas Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut

Terkini.id, Makassar – Banyak cara yang dilakukan warga dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020.

Salah satu diantaranya adalah mengibarkan bendera merahputih di dasar laut seperti yang dilakukan oleh salah seorang penyandang disabilitas fisik bernama Suprigandi asal Ternate Provinsi Maluku Utara.

Suprigandi, Sosok Penyandang Disabilitas Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut

Supragandi adalah salah satu alumni penerima layanan Rehabilitasi Sosial di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BRSPDF) Wirajaya di Makassar yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah naungan Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial (Ditjen Rehsos) Kementerian Sosial RI.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini mengibarkan bendera merah putih di dasar laut sehari sebelum HUT Kemerdekaan RI, Minggu 16 Agustus 2020 lalu di perairan laut Ternate Pantai Falajawa.

Mungkin Anda menyukai ini:

Suprigandi yang akrab disapa Gandi melakukan pengibaran bendera di dasar laut bersama dengan tim dari Diving Center Ternate.

Baca Juga: Cerita Tangke’, Penyandang Disabilitas Soppeng Berjuang Cari Nafkah di Tengah...

Sebelum menyelam untuk mengikabarkan bendera merah putih di dasar laut, Gandi bersama timnya ikut dilatih oleh tim dari pangkalan personil Angkatan Laut dan Persatuan Organisasi Penyelam Seluruh Indonesia.

Agar sukses mengibarkan bendera di dasar laut, Gandi dan rombongan hanya memanfaatkan waktu satu hari untuk latihan.

Akhirnya setelah sehari melakukan latihan, Gandi dan timnya sukses melaksanakan misi pengibaran bendera Merah Putih di dasar laut.

Baca Juga: Penyandang Disabilitas di Kabupaten Gowa Dapat Bantuan Sembako Penanganan Dampak...

Pengibaran bendera merah putih ini pun ia sebutkan sebagai “Parade Merah Putih Bawah Laut bersama Disabilitas”.

Bahkan Gandi juga menyebutkan bahwa makna kemerdekaan itu sesungguhnya adalah kesetaraan bagi semua.

Saat berada di Balai Wirajaya di Makassar, Gandi menerima layanan Rehabilitasi Sosial dan fokus mengikuti keterampilan elektronik, khususnya untuk service audio video.

Dirinya mendapatkan layanan rehabilitasi selama enam bulan lamanya. Selama berada di Balai Wirajaya awal tahun 2020, dirinya sempat tidak percaya diri dengan kondisi yang ia alami.

Menurut Gandi, setelah mendapatkan layanan rehabilitasi sosial dalam Balai, rasa percaya dirinya kembali ia dapatkan, bahkan dalam segala aktifitas kesehariannya ia memiliki semangat yang tinggi.

“Semua berubah dan senantiasa ingin menunjukkan kecintaan saya kepada negara dengan tekun mengikuti segala pemberian layanan rehabilitasi sosial yang diberikan di dalam Balai,” ungkap Gandi.

Melihat aksi yang dilakukan oleh Gandi bersama Tim saat melakukan pengibaran bendera di dasar laut, Kepala Balai Wirajaya, Saiful Samad ikut bangga melihat aktifitas yang dilakukan Gandi dalam merayakan HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun ini.

“Alhamdulillah anak ini sudah menunjukkan kebesaran sikapnya untuk berubah dan Gandi telah menunjukkan kepada kita semua salah satu contoh kecintaan warga terhadap Bangsanya,” ungkap Syaiful dengan nada bangga.

Bahkan Syaiful juga menegaskan, bahwa apa yang dilakukan oleh Gandi, mesti menjadi motivasi dan spirit bagi kita semua untuk senantiasa menunjukkan darmabakti kita terhadap Negara Kesatuan Republik Indonsesia (NKRI) yang kita cintai ini.

“Apa yang dilakukan Gandi bisa menjadi spirit dan motivasi bagi kita semua,” tutup Syaiful.

Bagikan