Survei: Kinerja Para Gubernur Lebih Baik Dibanding Presiden Dalam Penanganan Covid-19

Nurdin Abdullah saat berdiskusi bersama Ridwan Kamil

Terkini.id, Jakarta – Lembaga kajian isu-isu strategis, Roda Tiga Konsultan (RTK) mengeluarkan hasil survei bertajuk “Pandangan Masyarakat terhadap Penanganan Pandemi Covid-19”.

Survei tersebut bertujuan untuk mengetahui awareness dan pandangan masyarakat terhadap kebijakan-kebijakan yang telah diambil oleh pemerintah serta bagaimana dampak dari pandemi ini terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat.

Responden diminta untuk memberi penilian terhadap tiga lapisan pemerintahan dalam menangani Covid-19. Survei ini menunjukkan bahwa kinerja ke-tiga lapisan pemerintahan dalam menangani Covid-19 dinilai relatif sama, yaitu sama-sama sedang-sedang saja dan tidak istimewa.

Dari ke-tiga lapisan pemerintahan tersebut, kinerja Pemerintah Pusat dianggap relatif paling rendah dengan nilai rata-rata 6.78/10 dibanding Pemerintah Provinsi dengan nilai rata-rata 7.05/10 serta Pemerintah Kabupaten/kota dengan nilai rata-rata 6.99/10.

Dalam hal ini, Pemerintah Provinsi dianggap mempunyai kinerja yang relatif lebih baik. Menarik untuk dilihat bahwa responden yang menerima bantuan dari Pemerintah Provinsi hanya sebesar 3.0% (paling rendah).

Menarik untuk Anda:

Akan tetapi, kinerja Pemerintah Provinsi dianggap lebih baik daripada kinerja Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Kabupaten/kota.

Tampaknya pemberitaan tentang figur para gubernur dan kegiatannya mampu mengatasi minimnya bantuan dari Pemerintah Provinsi.

Sementara itu, kepuasan terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam menangani Covid-19, tampaknya sejalan dengan penilaian kinerja pemerintah, yaitu sedang-sedang saja (nilai rata-rata: 7.09/10).

Survei dilakukan dengan menghubungi responden melalui telepon (by phone survey). Survei telepon dipilih karena merupakan cara yang paling memungkinkan untuk dilakukan di tengah kondisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dengan mempertimbangkan aspek metodologis secara seksama.

Responden dipilih berdasarkan bank data nomor kontak responden yang pernah diwawancarai dalam survei-survei sebelumnya, yaitu sejumlah 10.456 data. Bank data ini merupakan hasil dari stratified random sampling pada survei skala nasional maupun Provinsi dan Kabupaten/kota yang telah dilakukan oleh RTK sebelumnya.

Dari bank data tersebut diambil secara stratified random sampling sebanyak 1200 responden dengan margin of error 2.89?n confidence level pada 95%. Survei dilakukan pada tanggal 7 – 17 Mei 2020.

“Selain survei soal kinerja pemerintah pusat, provinsi, kabupatan/kota, Roda Tiga Konsultan juga menanyakan terkait kesadaran masyarakan akan ancaman Covid-19, kebijakan PSBB, Larangan mudik, dampak ekenomi, dan jadwal Pilkada mundur,” terang M. Kahfi Siregar, Direktur Eksekutif Roda Tiga Konsultan melalui keterangannya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Pasca Tertutup Longsor, Jalur Darat Majene-Mamuju Dibuka

Denise Chariesta Kritik Keras Peramal: Itu Musyrik Tidak Percaya Tuhan, Harus Dimusnahkan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar