Masuk

Tahun Baru Islam, Ketua AUHM Minta Pelaku Usaha Hiburan Tutup Sehari

Komentar

Terkini.id, Makassar – Ketua Asosiasi Usaha Hiburan Makassar (AUHM), Zulkarnain Ali Naru meminta seluruh usaha hiburan menutup usaha selama sehari.

Hal itu berkaitan dengan Tahun Baru Islam 1444 H yang jatuh pada Sabtu 30 Juni 2022, 

“Termasuk aktivitas hiburan yang ada pada hotel-hotel,” ujar Zul, sapaannya, Kamis, 28 Juli 2022.

Baca Juga: Tahun Baru Islam, Family of Creatif Community Gelar Lomba Tilawah

Menurutnya, penutupan tersebut sesuai dengan Perda Kota Makassar Nomor 5 Tahun 2011 dan penegasannya melalui Surat Edaran Walikota Makassar Nomor 556/317/S.EDAR/DISPAR/VII/2022.

“Untuk hal tersebut, kami imbau seluruh pengusaha dan pengelola usaha hiburan agar mentaati penutupan dimaksud. Sebaliknya, kami juga berharap agar tim Dinas Pariwisata bersama Satpol PP bisa  melakukan pengawasan terkait penutupan tersebut,” jelas Zul.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Makassar, Muhammad Roem mengatakan bahwa penutupan dalam kaitan Tahun Baru Islam tersebut sudah sesuai dengan Perda Nomor 5 Tahun 2011.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Tanah Abang Serukan Penolakan LGBT di Citayam Fashion Week

“Untuk pengawasannya, tim kami jelas akan turun melakukan pemantauan dan akan menindak tegas apabila ada usaha yang mencoba melanggar aturan main yang telah ditetapkan,” tuturnya.

Ia mengatakan dalam Perda tersebut, termasuk aktivitas hiburan yang ada pada usaha hotel dan sejenisnya dilarang beraktivitas.

Roem pun berharap pelaku usaha hiburan patuh dan taat pada aturan tersebut. Sehingga, kata dia, hal itu menjadi contoh bagi kota-kota lain.