Tahun Depan, Pemkot Makassar Bakal Hadirkan Kendaraan Ramah Lingkungan dan Prioritaskan Disabilitas

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Kota Makassar tengah mendesain kendaraan menggunakan tenaga listrik. Kendaraan tersebut diberi nama Co’mo.

Keunggulan kendaraan tersebut dinilai ramah lingkungan dan memberi prioritas terhadap disabilitas. Nantinya, Co’mo bakal beroperasi dari lorong ke lorong.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar Iman Hud mengatakan desain kendaraan tersebut tengah dalam kajian. Ia mengatakan ada banyak pihak yang terlibat. 

Baca Juga: Pemkot Makassar Target Ambil Alih Aset PSU di Atas Capaian...

“Itu tahun depan, konsep sudah ada terkait dengan keselamatan, kenyamanan, dan rancang bangunnya yang memenuhi syarat,” kata Iman, Kamis, 2 Desember 2021.

Nantinya, Iman menyebut Co’mo tak akan melewati trayek kendaraan umum. Hal itu berbeda dengan jenis kendaraan umum lain. 

Baca Juga: Pengusaha Reklame Butuh Kejelasan Regulasi Perizinan di Makassar

Ihwal jumlah unit Co’mo yang bakal diproduksi tahun depan. Iman mengatakan saat ini sementara dalam kajian. 

“Bayangannya sama kayak mobil golf, modelnya mutar-mutar,” sebutnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pemerintah kota telah melakukan studi dengan Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk merancang kendaraan tersebut tahun depan. 

Baca Juga: Pengusaha Reklame Butuh Kejelasan Regulasi Perizinan di Makassar

“Desainnya sementara, rutenya menghubungkan lorong wisata dengan lorong wisata, jadi lorong ke lorong,” kata Danny.

Menurutnya, Petepete Smart tersebut akan menghubungkan 5 ribu lorong wisata secara gratis mulai hotel ke hotel sampai ke lorong wisata. Ia mengatakan bakal mengurus izin terlebih dulu. 

“Izinnya dulu, apakah kita pakai izinnya pete-pete smart tinggal kita minta listriknya, nanti perhubungan yang urus teknisnya,” ungkapnya.

Danny menyebut langkah tersebut untuk menghidupkan lorong wisata. Ia mengatakan bakal memberi fasilitas terhadap masyarakat yang hendak berwisata di lorong.

“Kita hidupkan lorong-lorong, kan kita mau ekonomi recovery dari bawah kita ada startup lorong,” ucapnya.

Bagikan