Tahun Ini Makassar Jadi Tuan Rumah Hari Kanker Sedunia

seminar nasional kanker
emerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia

Terkini.id, Makassar – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Kanker Sedunia, Sabtu, 9 Februari 2019, di Wisma Negara, Tanjung Bunga Makassar.

Bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dan Perhimpunan Onkologi Indonesia, tema yang diusung pada seminar ini bertajuk “Pencemaran Limbah Mikroplastik dan Bahaya Kanker di Indonesia.”

Sahrul Rauf selaku Ketua Panitia mengatakan, tema ini sengaja kami angkat untuk mengingatkan kita semua akan resiko penggunaan bahan-bahan plastik terhadap kesehatan makhluk hidup.

“Tema peringatan hari kanker sedunia tahun ini adalah  I Am and I Will yang berarti “Saya adalah, saya akan,” maknanya adalah agar kita semua mengambil peran sesuai dengan bidang masing-masing untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap penyakit kanker sehingga kita dapat menekan peningkatan penyakit kanker ini,” tutur Rauf.

9,6 juta kematian pada tahun 2018 disebabkan oleh penyakit kanker

Ia jugamenyerukan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk hidup secara sehat.

“Tujuan dari kegiatan kanker sedunia ini adalah untuk meningkatkan kepedulian kita terhadap penyakit kanker yang semakin hari semakin meningkat. Terdapat 18,1 juta kasus kanker baru dan 9,6 juta kematian terjadi pada tahun 2018 disebabkan karena kanker,” ujar Rauf.

World Health Organization (WHO), lanjut Rauf, bahkan memprediksi kanker akan menjadi penyebab kematian nomor 1 di dunia pada akhir abad ini.

Rauf menambahkan, berdasarkan hasil laporan tadi malam terdapat 2.122 peserta yang hadir dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat.

“Selain itu kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Yayasan Kanker Indonesia (YKI) dari barbagai cabang di antaranya cabang YKI Jaya, cabang Jawa Barat, cabang Jawa Timur, cabang Kalimantan Selatan, cabang Kalimantan Timur sampai ke cabang Papua,” pungkas Rauf.

Reporter: Kamsah

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini
Health

Warga Minta Program IAS Digalakkan Kembali

Makassar, Program Makan Makanan Sehat dan Bergizi yang ditujukan untuk anak-anak Sekolah Dasar merupakan salah satu program yang pernah digalakkan oleh pemerintah Kota Makassar
Health

Bahayakah Gas Fogging Nyamuk Jika Kita Hirup?

Terkini.id, - Fogging nyamuk merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membasmi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.Mewabahnya penyakit demam berdarah di beberapa daerah di
Health

Hasil Penelitian, Gemuk Itu Bisa Menular

Terkini.id - Anda yang berada di sekeliling teman yang gemuk, perlu membaca hasil studi terbaru ini. Peneliti menyatakan, obesitas seharusnya dikategorikan sebagai penyakit menular.Peneliti