Temukan 3 Kasus Kematian Hepatitis Akut Misterius, Kemenkes Imbau Orang Tua Waspada

Terkini.id, Jakarta – Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) sedang menyelidiki tiga kasus kematian anak yang terkena penyakit hepatitis akut. 

Dilansir dari CNNIndonesia.com, tiga pasien anak tersebut dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta dengan dugaan hepatitis akut tanpa diketahui penyebab pasti dalam kurun waktu dua minggu terakhir hingga Sabtu, 30 April 2022.

Diketahui ketiga anak tersebut adalah rujukan dari rumah sakit di Jakarta Timur dan Jakarta Barat.

Baca Juga: Menkes untuk Memenuhi Standar WHO: Dibutuhkan Waktu 10 Tahun atau...

Penyelidikan lebih lanjut dilakukan Kemenkes sebagai respons dari adanya wabah hepatitis misterius di Eropa, Amerika, dan Asia yang dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) karena belum diketahui penyebabnya sejak Jumat, 15 April 2022. 

“Selama masa investigasi, kami mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan tetap tenang. Lakukan tindakan pencegahan seperti mencuci tangan, memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, tidak bergantian alat makan, menghindari kontak dengan orang sakit serta tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ujar Juru Bicara Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi lewat rilis pada Minggu, 1 Mei 2022, dikutip terkini.id dari CNNIndonesia.com pada Senin, 2 Mei 2022.

Baca Juga: Cacar Monyet Berpotensi Menjadi Pandemi? Beberapa Negara Mulai Menerapkan Pemberian...

Laporan pertama diterima WHO dari Inggris pada Selasa, 5 April 2022 sebanyak 10 kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya pada anak-anak usia 11 bulan-5 tahun pada periode Januari hingga Maret 2022.

Kasus ini terus meningkat dengan berbagai laporan dari negara-negara lain di Eropa, Amerika, dan Asia. 

Tercatat, hingga kini terdapat 170 kasus yang dilaporkan lebih dari 12 negara, salah satu diantaranya termasuk Indonesia. 

Baca Juga: Cacar Monyet Berpotensi Menjadi Pandemi? Beberapa Negara Mulai Menerapkan Pemberian...

Penyakit ini terjadi pada kisaran anak usia 1 bulan sampai dengan 16 tahun. Beberapa diantaranya memerlukan transplantasi hati, bahkan hingga meninggal dunia. 

Oleh karena itu, Kemenkes mengimbau masyarakat, khususnya orang tua, untuk mewaspadai beberapa gejala hepatitis akut misterius ini yang ditemukan, diantaranya:

1. Urine berwarna kecokelatan seperti air teh
2. Nyeri atau rasa tidak nyaman di perut
3. Demam
4. Mual dan muntah
5. Masalah perut
6. Warna feses yang pucat
7. Kejang
8. Penurunan kesadaran

Bila ditemukan gejala-gejala di atas pada anak, orang tua diminta segera memeriksakan anaknya pada fasilitas kesehatan terdekat. 

Bagikan