Terima Kunjungan Raja Gowa, Kapolda Minta Jaga dan Lestarikan Adat Budaya Kita

Kapolda Sulsel menyambut hangat kunjungan silaturahmi Raja Gowa ke-38 beserta rombongan di ruang rapat pimpinan, Selasa 29 Oktober 2019 siang tadi.

Terkini.id,Makassar – Pasca pengukuhan dan rapat kerja Dewan Adat Kerajaan Gowa yang berlangsung pada Minggu, 27 Oktober lalu, kini jajaran Kerajaan Gowa kembali melakukan silaturahmi dengan Kapolda Sulsel, Irjen Mas Guntur Laupe, Selasa 29 Oktober 2019.

Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Sombayya Ri Gowa, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III Raja Gowa ke-38 didampingi sang permaisuri, Hj Andi Hikmawati A Kumala Idjo yang juga Ketua PDI Perjuangan Gowa yang kini menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gowa.

Kapolda menerima kunjungan Raja Gowa beserta rombongan kerajaan Gowa, Selasa 29 Oktober 2019

Selain didampingi permaisuri, sang Raja Gowa ke-38 juga turut didampingi Andi Tenri Sassu Andi Idjo Karaeng Sigeri Tumabbicara Butta (Perdana Menteri), kemudian Andi Bau Latief Karaenta Tu Kajannangngeng, dan puluhan perangkat Kerajaan Gowa dan lembaga adat kerajaan gowa lain beserta permaisurinya.

Sombayya Ri Gowa, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang Batara Gowa III Raja Gowa ke-38 dalam sambutannya mengatakan kedatangan Kerajaan Gowa untuk melakukan silaturahmi sekaligus meminta arahan dan masukan untuk para pengurus dewan adat yang baru saja dilantik beberapa hari lalu.

Kapolda menerima kunjungan rombongan Kerajaan Gowa

“Ucapan terima kasih dari kami semua Yang Mulia bapak Kapolda Sulawesi Selatan atas kesempatan dan waktunya untuk menerima kedatangan kami semua, semoga dapat diberikan arahan dan masukan buat Kerajaan Gowa,” tuturnya.

Di sela-sela sambutannya, Yang Mulia, Sombayya juga turut menyampaikan beberapa program Dewan Adat Kerajaan Gowa dalam waktu dekat seperti Maudu Lompoa Ri Gowa dan juga peringatan masuknya Islam di Sulawesi Selatan yang akan berlangsung pada bulan November 2019 mendatang.

Raja Gowa bersama dengan Kapolda Sulsel

“Kami juga berharap kepada bapak Kapolda Sulawesi Selatan untuk mengundang khusus untuk menghadiri pelaksanaan Maudu Lompoa Ri Gowa dan peringatan masuknya Islam di Sulsel pada November mendatang,” terangnya.

Kunjungan Raja Gowa beserta rombongan Dewan Adat Kerajaan Giwa diterima langsung oleh Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Mas Guntur Laupe. Orang nomor satu di jajaran Kepolisian Sulawesi Selatan tersebut turut didampingi Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani bersama dengan Dirbinmas Polda Sulawesi Selatan.

Raja Gowa bersama Permaisuri, Perdana Menteri Kerajaan Gowa bersama istri dan Kapolda Sulsel

Kapolda Sulsel menyambut baik atas kunjungan Raja Gowa ke-38 bersama dengan suruh perangkat kerajaan. Dalam sambutannya, Ia menegaskan kepada seluruh pihak untuk senantiasa melestarikan adat dan budaya Kerajaan Gowa.

“Jangan sampai nama Kerajaan Gowa tinggal sejarah saja, kita di sini masih ada untuk menjaga warisan, tidak ada alasan punah. Masyarakat luar selalu ingin berkunjung ke Gowa menyaksikan warisan bersejarah Kerajaan Gowa,” tegas Kapolda kelahiran Parepare ini.

Kapolda Sulsel berfoto bersama dengan Raja Gowa bersama Permaisuri beserta pengurus dewan adat Kerajaan Gowa yang juga Ketua Umum DPP KKB, Andi Badi Sommeng

Lanjut Mas Guntur menaruh harapan kepada Raja  Gowa ke-38 beserta perangkat lembaga adat Kerajaan Gowa untuk bersama- sama menjaga keamanan dan suasana kondusif Kabupaten Gowa.

“Tahun depan adalah tahun politik di 12 Kabupaten/kota di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Gowa. Mari menjaga keamanan dan suasana kondusif Kabupaten Gowa,” harapnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini