Ternyata Ini 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Tekanan Darah, Yuk Disimak

Terkini.id – Mengalami mata yang berkunang – kunang, pusing, dan jatuh pingsan akibat berdiri terlalu lama. Sebagian orang disebabkan karena belum sarapan pagi atau tidak makan seharian.  

Setiap orang dapat mengalami tekanan darah tinggi ataupun rendah. Tekanan darah normalnya adalah 120/80 mmHg, sedangkan seseorang yang memiliki darah rendah jika tekanan darahnya kurang dari ≤ 90/60 mmHg.  

Selain itu, ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi turunnya tekanan darah, seperti usia di atas 65 tahun, mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan menderita penyakit tertentu. Dilansir dari halodoc  

Baca Juga: Lima Manfaat Senam Irama yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Nih...

Hal itu tergantung pada posisi tubuh, irama pernapasan, tingkat stres, kondisi fisik, obat yang diminum, makanan dan minuman yang dikonsumsi, dan waktu. Tekanan darah biasanya paling rendah saat di malam hari, lalu meningkat tajam saat bangun tidur.  

Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah pada tubuh, yaitu :  

Baca Juga: Momentum Penarikan Mahasiswa PPL Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin di Makassar...

1. Kismis  

Dalam kismis terdapat kandungan kaya zat besi, magnesium, kalium, dan tembaga.  

2. Wortel  

Baca Juga: Sering Meminum Kopi? Perhatikan 4 Dampaknya

Wortel memiliki kandungan vitamin A untuk meningkatkan sirkulasi darah.  

3. Lemon  

Dalam sebuah lemon memiliki kandungan antioksidan untuk menjaga tekanan darah tetap normal.  

4. Buah bit  

Mengandung zat besi dan folat tinggi.  

5. Bayam  

Bayam memiliki kandungan kalium dan folat yang tinggi.  

6. Roti Gandum 

Memiliki kandungan zat besi yang mampu memperbanyak produksi sel darah merah.  

7. Kacang – kacangan  

Sangat baik untuk sistem pencernaan dan juga menjaga tekanan darah agar tetap normal.  

Tetapi, selain mengkonsumsi makan – makanan yang ada di atas. Ada juga beberapa cara lain yang bisa dilakukan  untuk menurunkan tekanan darah seperti :  

• Ubah posisi secara perlahan atau sebisa mungkin untuk tidak berdiri terlalu lama.  

• Banyak mengkonsumsi air putih untuk meningkatkan volume darah dan mencegah dehidrasi.  

• Tidur dengan menumpuk 2–3 bantal agar ketika bangun dan berdiri tidak mengalami penurunan tekanan darah secara drastis.  

• Kurangi kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol.  

• Meminum secangkir kopi di pagi hari juga bisa membantu.  

Itulah beberapa cara untuk mengatasi tekanan darah rendah, semoga bermanfaat.

Bagikan