Sering Meminum Kopi? Perhatikan 4 Dampaknya

Terkini.id – Tidak sedikit orang yang hobi akan minum kopi dipagi hari untuk memulai harinya.   Minum kopi dikala pagi hari memberi sugesti agar dapat terus terjaga, bersemangat dan siap untuk beraktivitas kembali.  

Menurut Nina Riggins MD, PhD, direktur Headache and Traumatic Brain Injury Center di University of California San Diego, meminum kopi di pagi hari dapat meningkatkan kewaspadaan, konsentrasi, dan suasana hati.  

Selain itu, kopi juga memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi yang baik buat tubuh.  

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Tekanan Darah, Yuk...

Akan tetapi semua manfaat ini hanya bisa didapatkan jika meminum kopi dengan cara yang benar. Jika caranya salah, kopi dapat membahayakan kesehatan otak.  

Untuk itu, berikut kesalahan minum kopi yang dapat merusak kesehatan otak, dilansir dari CNN Indonesia :  

Baca Juga: Lima Manfaat Senam Irama yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Nih...

1. Terlalu banyak minum kopi  

Mengkonsumsi kopi yang wajar semisalnya satu atau dua cangkir sehari akan melindungi otak. Namun jika berlebihan justru membawa dampak sebaliknya.  

Salah satu studi yang diterbitkan di Nutritional Neuroscience menemukan bahwa minum kopi lebih dari 6 cangkir per hari berasosiasi dengan volume total otak lebih kecil dan peningkatan risiko penurunan daya ingat sebesar 53 persen.  

Baca Juga: Lima Manfaat Senam Irama yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Nih...

FDA menyarankan untuk orang dewasa cukup mengonsumsi 400 miligram kafein atau setara dengan 4 cangkir kopi.  

2. Minum kopi larut malam  

Kebanyakan orang minum kopi saat di pertengahan atau sore hari. Jika jam minum kopi terlalu larut atau berdekatan dengan jam tidur justru bisa merusak waktu istirahat.  

Karena kafein yang terdapat didalam kopi bertindak sebagai stimulan dan tetap berada pada aliran darah beberapa jam setelah dikonsumsi. Salah satu studi penelitian mengatakan kafein bertahan di aliran darah sampai 5 jam. Untuk benar-benar ‘bersih’ bisa memerlukan waktu 10 jam.  

Saat kafein mempengaruhi tidur jadi terganggu sehingga tidak baik untuk kesehatan otak.  

3. Gula tambahan berlebihan  

Kopi kekinian dengan rasa super manis tidak baik buat otak. Studi pada 2019 menemukan kelebihan konsumsi gula pada orang dewasa berasosiasi dengan penurunan fungsi kognitif.  

Selain itu, kelebihan konsumsi gula akan mempengaruhi fungsi konektivitas dan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah. Sebaiknya batasi gula tambahan pada kopi.  

4. Benar-benar melepaskan diri dari kopi  

Berhenti minum kopi sebaiknya lakukan secara bertahap bukan langsung menjauhkan diri dari kopi. Jika langsung berhenti minum kopi secara tiba-tiba, seseorang bisa mengalami gejala-gejala yang mengganggu otak.  

“Sekali kafein dikeluarkan dari sistem, seseorang akan mengalami sakit kepala akibat penarikan kafein,” kata Riggins mengutip dari Livestrong.  

Pengurangan kafein secara drastis juga akan membuat orang kesulitan konsentrasi. Sebaiknya, kurangi konsumsi kopi secara bertahap misal jika biasanya minum dua cangkir kopi, ganti satu cangkirnya dengan kopi non kafein (decaffeinated coffee).  

Itulah kesalahan minum kopi yang bisa merusak otak, semoga bermanfaat.

Bagikan