Berikut 7 Cara Atasi Rambut Kering dan Mengembang, Simak Selengkapnya

Terkini.id – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Dengan perawatan yang tepat, rambut dapat menjadi lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat.  

Untuk mengatasi rambut kering dan mengembang, diperlukan sampo dan kondisioner yang tepat. Selain itu, menggunakan bahan-bahan perawatan rambut alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun, untuk membuat rambut menjadi lebih lembap dan mudah diatur.   Rambut kering terjadi apabila kulit kepala tidak memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut atau kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula (lapisan pelindung rambut), dilansir dari alodokter.  

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan mengembang:  

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Tekanan Darah, Yuk...

• Terlalu sering mencuci rambut atau menggunakan sampo  

• Kebiasaan mengeringkan rambut dengan blow.  

Baca Juga: Lima Manfaat Senam Irama yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Nih...

• Sering styling menggunakan pelurus rambut atau pengeriting rambut.  

• Membiarkan rambut terpapar sinar matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan.  

• Melakukan perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, seperti pewarnaan, pengeriting, atau pelurusan rambut secara permanen.  

Baca Juga: Lima Manfaat Senam Irama yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Nih...

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rambut kering dan mengembang:  

1. Hindari mencuci rambut terlalu sering  

Memiliki rambut kering dan mengembang, hindari mencuci rambut setiap hari karena kebiasaan ini justru dapat membuat rambut bertambah kering dan rusak. Sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.  

2. Gunakan sampo yang tepat  

Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut dan sampo yang dibuat khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Guna mempertahankan kelembapan dan kadar air di kulit kepala, bisa memilih sampo yang mengandung dimethicone.  

Perlu diketahui bahwa salah satu penyebab terjadinya rambut kering adalah kulit kepala yang kering. Kondisi ini juga dikaitkan dengan munculnya ketombe. Untuk mencegahnya bisa memilih sampo yang mengandung cocamidopropyl betaine, natrium benzoat, dan methylchloroisothiazolinone.  

3. Gunakan kondisioner setelah keramas  

Gunakan kondisioner setelah membilas rambut dengan sampo. Kondisioner dapat membuat kultikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.  

4. Oleskan minyak alami  

Selain kondisioner, bisa juga mengoleskan minyak dari bahan alami ke rambut yang kering dan mengembang. Minyak zaitun merupakan salah satu minyak alami yang bisa mempertahankan kelembapan rambut, serta melembutkan dan memperkuat rambut hingga ke akarnya.  

Selain minyak zaitun,  ada minyak kelapa yang juga untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Minyak kelapa dipercaya dapat melembapkan rambut sekaligus melindungi rambut dari kerusakan.  

5. Berikan perlindungan yang cukup untuk rambut  

Lindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Jika cuaca panas, gunakan topi ketika beraktivitas di luar ruangan juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut, untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.  

6. Batasi penggunaan alat styling rambut  

Untuk mengatasi dan mencegah rambut kering dan mengembang, disarankan untuk membatasi penggunaan alat styling rambut, seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberikan panas ke rambut. Penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering dapat merusak rambut.  

7. Konsumsi makanan sehat  

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar, merawat rambut juga harus dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat, misalnya ikan salmon. Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.  

Itulah tips untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Namun jika masalah rambut kering tidak kunjung teratasi, konsultasikan ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya serta diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi rambut dan semoga bermanfaat.

Bagikan