Masuk

Bingung Hadapi Penyakit Radang Tenggorokan? Ini 4 Cara Mengatasinya

Komentar

Terkini.id – Sudah tidak asing lagi dengan penyakit radang tenggorokan, penyakit yang satu ini umumnya menyerang anak – anak usia 5 – 15 tahun. Anak – anak usia tersebut yang mengidap kondisi ini biasanya mengalami keluhan yaitu sulit menelan, lemas, mual, kehilangan selera makan, tenggorokan kemerahan, dan bercak putih atau abu – abu.  

Penyebab radang tenggorokan pada anak bermacam – macam, salah satunya bakteri Streptococcus pyogenes. Radang tenggorokan adalah infeksi bakteri yang membuat tenggorokan terasa sakit dan gatal. Penyakit tersebut merupakan salah satu penyebab dari sakit tenggorokan.   

Pada umumnya dialami oleh mereka yang mempunyai sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti bayi dan lansia. Lantas, bagaimana cara mengatasi radang tenggorokan pada bayi dan lansia seperti yang dilansir dari Halodoc.  

Baca Juga: Ternyata Ini 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Tekanan Darah, Yuk Disimak

1. Cukupi Cairan Tubuh 

Saat mengalami radang tenggorokan, bayi biasanya susah untuk minum karena tenggorokannya sakit dan tidak nyaman. Maka dari itu seorang ibu harus memastikan bayi mendapat asupan cairan yang cukup. Agar bayi terhindar dari dehidrasi yang membahayakan tubuhnya.   

Jika bayi masih berusia di bawah enam bulan, berikan ASI atau susu formula (atas rekomendasi dokter). Namun, apabila usianya sudah di atas enam bulan, ibu bisa memberikan minuman hangat (tidak terlalu panas).   

Baca Juga: Lima Manfaat Senam Irama yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Nih Simak Ulasannya

2. Perhatikan Asupan Makanannya  

Radang tenggorokan pada bayi juga membuatnya sulit makan. Sedangkan bayi membutuhkan banyak nutrisi agar dapat pulih dengan cepat. Oleh sebab itu, ibu harus selalu memberikan asupan nutrisi yang ia butuhkan.   

3. Gunakan Pelembap Udara  

Humidifier atau pelembap udara di kamar dapat melegakan dan dipercaya mampu meringankan sakit tenggorokan. Akan tetapi, ibu harus selalu memastikan kalau alat ini terjaga kebersihannya.   

Baca Juga: Momentum Penarikan Mahasiswa PPL Jurusan Jurnalistik UIN Alauddin di Makassar Terkini

4. Temui Dokter  

Jika ke tiga cara di atas tidak memberikan hasil yang efektif, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Mungkin dokter meresepkan obat radang tenggorokan untuk mengatasi kondisi tersebut.   

Itulah cara menangani radang tenggorokan akibat bakteri, semoga bermanfaat buat kalian