Tim Verifikasi Kota Sehat Tingkat Provinsi Kunjungi Palopo

Rombongan Provinsi Sulsel tersebut diterima Kepala Bappeda Firmansyah didampingi ketua tim penggerak PKK Kota Palopo Hj. Utiasari Judas, di Aula Bappeda, pada Jumat, 18 Januari 2019.

Terkini.id, Palopo – Tim Verifikasi Kota Sehat Provinsi Sulawesi Selatan Berkunjung ke Kota Palopo untuk melihat kesiapan Kota Palopo menjadi dalam kesiapannya untuk penilaian Kota Sehat.

Rombongan Provinsi Sulsel tersebut diterima  Kepala Bappeda Firmansyah  didampingi ketua tim penggerak PKK Kota Palopo Hj Utiasari Judas, di Aula Bappeda, Jumat, 18 Januari 2019.

Pada kesemptan tersebut Firmansyah yang juga Ketua Tim Pembina Kota Sehat menyampaikan kalau Kota Palopo siap mengikuti penilaian atau pun verifikasi untuk penilaian kota sehat.

Firmansyah melanjutkan belum cukup seminggu Palopo menerima piala adipura dan 2 bulan yang lalu juga mendapatkan Air Minum Dan kesehatan Lingkungan (AMPL)  World

“Dan Alhamdulillah Palopo juga telah melaksanakan semua program tahunan pemerintah, sehingga akan lebih fokus untuk penilaian Kota Sehat,” ungkap Firmansyah.

Palopo, Satu Satunya Daerah mendapatkan Apresiasi Pemerintah Pusat

Lanjutnya terkait kota sehat dengan program 100-0-100, atau 100 persen air, 0 persen kekumuhan dan 100 persen sanitasi yang selalu didengung-dengungkan oleh pemerintah pusat, Kota Palopo termasuk salah satu daerah yang ada di Indonesia yang kemudian mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat.

Itu karena Kota Palopo saat ini sudah sampai di 90 persen artinya apa, seluruh wilayah yang ada di wilayah Kota Palopo ini itu sudah dijangkau oleh pelayanan air bersih tinggal wilayah pegunungan yang belum tersedia.

“Dan semua kebutuhan air bersih tersebut berasal dari Perusahaan Air Tirta Mangkalauku atau PDAMnya Pemekot Palopo, ” jelas Firmansyah.

Selanjutnya terkait 0 persen kekumuhan, Kota Palopo, 4 tahun lalu kurang lebih 89 hektar  kawasan kumuh dan melalaui program pemerintah saat ini tersisa 20 hektar wilayah yang terdata dana akan  tuntas pada tahun 2019.

“Untuk 100 persen sanitasi, palopo sudah berada di poin 91 persen dan mudah-mudahan kita bisa selesaikan di tahun 2019 ini juga, dan semua itu atas dukungan dari semua pihak baik dari pemerintah maupun masyatakat,” tandasnya.

Setiap Tahun Ganjil Dilakukan Verifikasi Program Kota

Sementara itu, mewakili tim verivikasi, Kasri menyampaikan saat ini di tahun 2019 seperti pengalaman pada tahun-tahun sebekumnya, setiap tahun ganjil itu akan dilakukan verifikasi terhadap program kota sehat kami mulai bulan Januari.

“Dan minggu kedua ini sudah dilaksanakan verifikasi pada beberapa tempat, kemarin kami dari Kabupaten Bone langsung ke sini dan rencana 1 hari ini kami akan fokus pada bedah dokumen karena pengalaman kita kelemahan ada disitu,” ungkap Kasri.

Hal tersebut di pertegas sekaligus  mengingatkan bahwa dalam program kota sehat ini yang menjadi pokok penilaian utama adalah prosesnya, sehingga bedah dokumen adalah hal yang wajib kita lakukan verifikasi

Selanjutnya Kasri yang juga ketua tim verifikasi kota sehat menyampaikan saat ini  Kota Palopo merupakan kota rujukan dari beberapa kabupaten termasuk di luar Sulawesi Selatan dimana ini harus pertahankan dan diupauyakan semakain baik lagi.

Selain Kepala Bappeda Firmansyah dan ketua tim penggerak PKK Kota Palopo Hj. Utiasari Judas,  turut hadir Kadis Kesehatan Dr. dr. Ishaq Iskandar, M. Kes, Kadis Perindustrian Akkaseng, para undangan serta rombongan tim Vetifikasi.

Berita Terkait
Direkomendasikan
Komentar
Terkini