Tingkatkan Kualitas Hasil Panen, Pemkab Barru Kerjasama dengan PT Pertani

Tingkatkan Kualitas Hasil Panen, Pemkab Barru Kerjasama dengan PT Pertani

Terkini.id, Barru – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barru, terus melakukan kerjasama dengan beberapa pihak terkait peningkatan Pertanian, dengan PT Pertani (Persero) Cabang Sulsel dalam Kegiatan Pengembangan Petani Produsen Benih Tanaman Pangan (P3BTP) pada kelompok Tani Syukur II Kelurahan Mangempang, Rabu 12 Agustus 2020.

Bupati Barru, Suardi Saleh mengatakan, saat ini pihaknya baru saja melakukan panen perdana penangkaran benih padu berbasis Korporat, dan tentunya dengan sistem yang baru ini akan menjadi nilai tambah penghasilan dalam hal sektor pertanian di Kabupaten Barru.

“Kita berharap dengan sistem yang ada saat ini sendiri maka bisa menjadi nilai tambah bagi pertanian Kabupaten Barru, apalagi saat ini sendiri kita mampu menciptakan pembenihan tanaman padi,” kata dia.

Menurut Suardi Saleh, potensi pertanian Barru masih cukup besar kalau IP-nya ditingkatkan dua kali lebih besar.

Barru, kata Suardi, berbeda dengan daerah pertanian yang potensial lainnya, sebab beberapa daerah lain memiliki wilayah pertanian luas dengan irigasi teknis hingga sudah autopilot.

Menarik untuk Anda:

“Barru memang perlu menjadi perhatian sebab lahan pertanian terbatas, irigasi teknis terbatas, namun keinginan untuk meningkatkan kapasitas petani, memaksimalkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian merupakan hal yang dapat dipertimbangkan,” ungkap dia.

Ia juga menekankan bahwa untuk menjadikan hasil sebagai benih pertanian memang memerlukan kualitas, namun dengan tetap memperhatikan kuantitasnya agar diharapkan kualitas dan kuantitas akan berdampak langsung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kasubdit Pengembangan Varitas Pengembangan Tanaman Pangan, Kementrian Pertanian, A. Muhammad Saleh, menuturkan, jika saat ini Pemerintah Kabupaten Barru, terus konsisten dalam mewujudkan pertanian yang berkembang di Kabupaten Barru.

Maka dari itu, ia berharap agar Barru dapat dijadikan sentra Produksi benih di Sulawesi Selatan.

“Kita akan terus memberikan support dan dukungan bagi pemerintah daerah yang ingin melakukan pengembangan dalam sektor Pertanian, termasuk di dalamnya Kabupaten Barru yang saat ini menampakkan komitmen dirinya dalam mewujudkan Barru sebagai sentra produksi benih,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri Kabid Tanaman Pangan Provinsi Sulsel, Suaeb, BPSD Maros, Balitsereal Maros, Balai Proteksi Sulsel, Penyedia Korporasi PT Pertani Sulsel, Kepala BPS Kabupaten Barru, Camat Barru, Danramil Barru, Kapolsek Barru, Lurah Mangempang, Kepala BPP BPOT, dan para Kelompok Tani.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Kantongi Enam Kursi, Mudassir-Aksah Mantapkan Diri Maju di Pilkada Barru

Barru Gandeng PT KIMA Kelola Kawasan Ekonomi Khusus

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar