Masuk

Begini Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Musim Pancaroba

Komentar

Terkini.id, Jakarta- Indonesia merupakan negara beriklim tropis, dengan kata lain terdapat musim hujan dan kemarau, namun selain dua musim tersebut tentunya kita juga biasa mendengar istilah musim pancaroba.

Diketahui bersama, musim pancaroba adalah masa dimana terjadinya transisi atau pergantian antara dua musim, seperti musim kemarau menuju musim penghujan ataupun sebaliknya.

Biasanya musim pancaroba biasa dikaitkan dengan maraknya penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh seperti demam berdarah, tifus, diare dan flu. Hal ini karena saat pancaroba cuaca menjadi tidak menentu, terkadang di siang hari bisa saja matahari terasa terik, namun tiba-tiba hujan turun dengan derasnya di sore atau malam hari.

Baca Juga: Sebelum Menyesal, Yuk Kenali Gejala Stroke Sejak Dini!

Nah, untuk mengantisipasi perubahan cuaca ekstrem tersebut, tentunya tubuh perlu memiliki daya tahan tubuh yang baik agar terhindar dari penyakit. Berikut ini tips meningkatkan daya tahan tubuh dilansir dari channel YouTube SB30 Health dengan judul “Bagaimana Sih Caranya Meningkatkan Sistem Imun”.

Konsumsi makanan bergizi

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata dianjurkan agar mengkonsumsi makanan bergizi, seperti makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak. Untuk konsumsi protein baik itu dari hewan atau tumbuhan perlu lebih diperhatikan, karena setiap sel kita butuh protein untuk menjalankan fungsinya.

Baca Juga: Jika Melakukan Kegiatan Ini Disarankan Tidak Langsung Mandi

Beristirahat  yang cukup

Cara selanjutnya adalah menjaga pola tidur atau istrihat dengan baik, hal ini lantaran pola tidur akan mempengaruhi tubuh kita baik itu cara berpikir, konsentrasi dan tentunya kekebalan tubuh. Jadi, jika kekurangan waktu tidur system kekebalan tubuh kita akan menurun dan akan rentan terkena serangan penyakit.

Hindari Stress

Kemudian, tips selanjutnya adalah menghindari stress, hal ini tentunya bukan tanpa alasan karena stress dapat membuat system kekebalan tubuh kita juga kacau secara hormonal, kemudian sistem saraf bahkan sampai pada system pencernaan. Contoh kecilnya ketika anda stress tentunya nafsu makan anda menurun atau bahkan meningkat hal ini dapat menyebabkan konsumsi nutrisi dalam tubuh terganggu.

Baca Juga: Mau Diet? Perhatikan Hal-Hal Ini Agar Diet Berhasil

Rutin Berolahraga

Tips yang terakhir adalah rutin berolahraga, untuk orang yang rutin berolahraga tentunya mempunyai daya tahan tubuh yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang kurang berolahraga seperti banyak tiduran ataupun bermain HP. Jadi mereka yang mempunyai rutinitas berolahraga seperti bersepeda, jogging atau jenis olahraga lainnya, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi fisik sesuai dengan usia anda.